Apa Kaitan Sunnah Rasul Malam Jumat dengan Hubungan Intim Suami Istri? Berikut Penjelasannya

- 17 Juni 2021, 18:42 WIB
Ilustrasi suami istri di ranjang.
Ilustrasi suami istri di ranjang. /Gambar oleh Sasint dari Pixabay./


GALAMEDIA - Banyak orang menganggap Sunnah Rasul malam Jumat adalah hubungan intim atau hubungan suami dan istri.

Istilah tersebut seringkali dijadikan bahan guyon dan menjadi sangat lazim didengar di kuping masyarakat Indonesia.

Tahukah Anda mengapa hal tersebut bisa terjadi? Alasan hal tersebut sering terdengar dan menjadi lazim lantaran adanya hadits riwayat yang mengarah ke arah sana.

Sebagaimana dikutip Galamedia dari laman NU, Abu Nashar Muhammad bin Abdurrahman Al-Hamadani mengutip riwayat yang menyebut perkawinan para nabi di hari Jumat.

روى أنس بن مالك رضي الله عنه بالإسناد الذي ذكرناه في المجلس الأول قال سئل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن يوم الجمعة فقال يوم صلة ونكاح قالوا كيف ذلك يا رسول الله قال لأن الأنبياء عليهم الصلاة والسلام كانوا ينكحون فيه

Artinya: "Apakah kalian tidak sanggup berhubungan badan dengan istri kalian pada setiap hari Jumat. Hubungan badan dengan istri di hari Jumat mengandung dua pahala: pahala mandinya sendiri dan pahala mandi istrinya". (HR Baihaqi).

Selain itu, sebagian ulama ada juga yang memandang awal mula hubungan badan pada hari Jumat adalah interpretasi atas hadits riwayat Aus bin Abi Aus RA yang menyebut kata 'ghassala' atau 'membuat orang lain mandi'

"Barang siapa yang mandi pada hari Jumat dan membuat orang lain mandi, lalu berangkat pagi-pagi dan mendapatkan awal khotbah, dia berjalan dan tidak berkendaraan, dia mendekat ke imam, diam, lalu berkonsentrasi mendengarkan khutbah, maka setiap langkah kakinya dinilai sebagaimana pahala amalnya setahun," (HR Ahmad, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah).

Baca Juga: Awas! Jangan Terlalu Lama Duduk, Bisa Cepat Mati! Simak Penjelasannya Berikut Ini

Oleh karena itu, istilah Sunnah Rasul malam Jumat sering dikaitkan dengan hubungan badan atau hubungan suami istri.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: NU


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X