Pandemi Covid-19 Dorong Transformasi Digital di Desa

- 25 Juli 2021, 14:19 WIB
Implementasi Smart Village Nusantara (SVN) PT Telkom memberi dukungan perangkat desa pada lima titik percontohan desa di empat provinsi di Indonesia.
Implementasi Smart Village Nusantara (SVN) PT Telkom memberi dukungan perangkat desa pada lima titik percontohan desa di empat provinsi di Indonesia. /PT Telkom/

GALAMEDIA - Implementasi Smart Village Nusantara (SVN) PT Telkom memberi dukungan perangkat desa pada lima titik percontohan desa di empat provinsi di Indonesia.

Lima titik tersebut adalah Desa Pangandaran (Kabupaten Pangandaran, Jabar), Desa Palasari (Kabupaten Subang, Jabar), Desa Sambirejo (Kabupaten Sleman, Yogya), Desa Ranupani (Kabupaten Lumajang, Jatim), dan Desa Kemuning (Kabupaten Karanganyar, Jateng).

Implementasi SVN dimulai di Desa Pangandaran dan Desa Kemuning per 1 Oktober 2020 sementara sisa desa lainnya sejak 1 Januari 2021.

Baca Juga: CCEP Indonesia Bagikan 145 Hewan Kurban Pada Idul Adha 1442 Hijriah Lalu

Jaja Sudiana, Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Pangandaran, Kabupaten Pangandaran mengatakan, implementasi SVN di desa dilakukan saat masa pandemi per 1 Oktober 2020 lalu.

Situasi itu pas dengan situasi sejumlah pembatasan kegiatan masyarakat guna membatasi penularan Covid-19.

"Kami punya 16 orang staff desa, namun setelah PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, red), hanya tiga orang yang bisa bertugas tiap hari sementara masyarakat butuh pelayanan," katanya.

Baca Juga: Diminta Puji Keberhasilan Pemerintahan Jokowi, Said Didu: Apa Karya yang Layak Dipuji?

"Aplikasi SVN seperti simpeldesa membuat masyarakat tetap bisa mengurus surat dari smartphone di rumahnya sementara kantor desa berjalan aman tidak ada kerumunan antrian," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X