5 Kota Tertua di Indonesia, Salah Satunya Sudah 1.000 Tahun Lebih Bahkan Jadi Tempat Bersejarah

- 2 Agustus 2021, 14:07 WIB
Salah satu sudut Kota Palembang
Salah satu sudut Kota Palembang /


GALAMEDIA – Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terdiri atas 34 provinsi dengan total 514 kabupaten dan kota. Tak heran jika Indonesia memiliki berbagai keanekaragaman budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Namun apa kamu tahu, ada lho lima kota yang dinobatkan sebagai kota tertua di Indonesia! Dilansir melalui kanal Youtube Kacamata Islam, berikut daftarnya:

Baca Juga: Vaksinasi Massal di Ponpes Sumber Barokah, Santri: Terima Kasih Pak Jokowi, Terima Kasih BIN

1. Palembang
Palembang adalah kota terbesar kedua di Pulau Sumatera, setelah kota Medan. Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 358.505 KM persegi dan dihuni lebih dari 1.7 juta penduduk. Ikon utama kota ini adalah Jembatan Ampera yang khas.

Kota Palembang juga dijuluki “Venice of The East” oleh negara Barat. Kota ini juga menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya, yang merupakan kekuatan maritim terbesar se Asia Tenggara. Kota Pempek ini didirikan pada 16 Juni 682 Masehi.

2. Magelang
Kota tertua selanjutnya adalah Magelang. Kota kecil ini terletak di Provinsi Jawa Tengah. Meskipun kota ini kecil, namun kota ini memiliki sejarah yang sangat kuat lho. Kota ini terkenal karena menjadi lokasi salah satu keajaiban dunia, yaitu Candi Borobudur.

Baca Juga: KPK Dihajar Covid-19, Jubir: 436 Pegawai KPK Positif Covid-19

Kota ini resmi didirikan sebagai kota pada 11 April 907 Masehi. Bupati pertama yang mempelopori pengembangan Kota Magelang adalah Mas Ngabehi Danurukmo.

3. Surabaya
Surabaya adalah Ibu Kota Provinsi Jawa Timur yang terletak di tepi Pantai Utara Jawa. Kota ini berhadapan langsung dengan Selat Madura dan Laut Jawa.
Kota ini memiliki luas mencapai 333.063 KM persegi dan dihuni kurang lebih 2.9 juta penduduk.

Baca Juga: Spoiler Buku Harian Seorang Istri 2 Agustus 2021: Diteror Lagi, Kali Ini Nana Jujur Roni Pembunuh Claudia

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X