Jelai, Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi yang Bisa Jadi Pilihan

- 24 November 2021, 11:22 WIB
Ladang Barley
Ladang Barley /Free-Photos

GALAMEDIA - Ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap nasi memang tinggi hingga muncul istilah belum makan jika belum makan nasi. Meski demikian ada banyak sumber karbohidrat pengganti nasi, termasuk jelai.

Jelai atau Hordium vulgare mungkin terdengar asing, tapi sudah banyak yang mengenal nama lainnya, yaitu barley atau serealia yang masih merupakan bagian dari suku padi (Poaceae).

Jelai memiliki tekstur kenyal dan rasa khas kacang, mirip dengan beras cokelat. Jelai utuh adalah sumber karbohidrat yang memiliki kandungan protein dan serat tinggi.

Baca Juga: Terima Kasih Brigjen Pol Yusri Yunus, Selamat Datang Kombes Pol Endra Zulpan

Biji-biji jelai lebih kecil dibandingkan bulir beras. Namun ketika diolah rasanya hampir menyerupai rasa nasi. Bagi masyarakat Dayak, jelai sudah dikonsumsi sejak lama.

Seperti dilansir Galamedia dari laman Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kaltim, jelai sudah dipanen masyarakat pedalaman menjadikannya bahan pangan selain padi.

Jelai juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan tapai dan difermentasi untuk dijadikan minuman penghangat. Jelai menjadi hidangan khusus masyarakat  adat  Dayak saat bergotong royong di kala musim panen tiba.

Baca Juga: Bikin Mata Terbelalak! Drama Korea 'Hellbound' Sajikan Alur Cerita Tak Biasa, Squid Game Kalah Jauh

Jelai yang dikenal dengan "lore" di tengah masyarakat dayak merupakan tanaman golongan famili Gramineae, mirip gelagah dengan tingginya mencapai tiga meter.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X