Ini Makna 10 Asmaul Husna: Semoga Lindungan dan Rahmat Allah Tercurah kepada Kita

- 2 Desember 2021, 07:34 WIB
Foto ilsutrasi Asmaul Husna.
Foto ilsutrasi Asmaul Husna. /Uswatun Khasanah/Muhammad Zafran Syauqi Rosyid

GALAMEDIA - Nama-nama Allah yang Maha Indah atau Asmaul husna memiliki banyak keutamaan yang luar biasa. Di antaranya terkabulnya doa, disunnahkan untuk mempelajari asmaul husna, dan akan masuk surga.

Nabi bersabda:“Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Siapa yang menghafalnya ia akan masuk surga” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berikut 10 makna dari 99 asmaul husna, Ar Rohman, Ar Rohim, Al Malik, Al Quddus, As Salam, Al Mukmin, Al Muhaimin,Al Aziz, Al Jabbar, dan Al Mutakabbir.

Baca Juga: Sinopsis Buku Harian Seorang Istri 2 Desember 2021: Nek Ratu Stres, Media Datangi Rumah Keluarga Buwana

1. Ar Rohman (الرَّحْمَنُ)
Artinya Maha Pengasih
Ar Rahman artinya Allah Subhanahu wa Ta’ala mempunyai kasih sayang yang sangat luas, meliputi seluruh makhlukNya. Allah mengasihi seluruh makhlukNya dengan memberikan berbagai kenikmatan.

Nama Ar Rahman sama seperti nama Allah, tidak boleh digunakan seorang makhluk pun. Dan memang tidak ada yang bisa mengasihi seluruh makhluk seperti Allah. Baik beriman maupun kafir, semuanya mendapatkan rezeki dari Allah.

Dalil nama Ar Rahman bisa dilihat antara lain di Surat Thaha ayat 5, Al Mulk ayat 29, Ar rahman ayat 1, dan Al Isra’ ayat 110. Tentu juga ada di awal Al Quran yakni basmalah.

Baca Juga: Dedi Mulyadi Beberkan Solusi Atasi Banjir di Kalimantan, Ini Katanya

2. Ar Rohim (الرَّحِيمُ)
Artinya Maha Penyayang
Ar Rahim adalah nama bagi Dzat Allah dan juga merupakan salah satu sifatNya. Jika Ar Rahman adalah maha pengasih untuk semua makhluk, Ar Rahim adalah maha penyayang untuk hambaNya yang beriman.

Nama Ar Rahim disebutkan bersama nama Ar Rahman dalam empat ayat. Yakni Al Fatihah ayat 3, Al Baqarah ayat 163, Fushilat ayat 2, dan Al Hasyr ayat 22. Sedangkan Ar Rahim bersama Allah dan Ar Rahman disebutkan 114 kali dalam mushaf yakni basmalah.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network