Jepang dan Telkom Kerja Sama Digitalisasi Agrikultur, Kuatkan Peran BUMDes

- 9 Desember 2021, 19:52 WIB
Jepang dan Telkom Kerjasama Digitalisasi Agrikultur, Kuatkan Peran BUMDes
Jepang dan Telkom Kerjasama Digitalisasi Agrikultur, Kuatkan Peran BUMDes /Telkom/

GALAMEDIA - Japan Telecommunications Engineering and Consulting Service (JTEC) dan PT Telkom Indonesia melalui Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI) bekerja sama membangun ekosistem pertanian digital.

Koordinator Bidang Kelembagaan Regional Kementerian Kominfo, Sofi Soeria Atmadja mengatakan, dilakukan dalam menciptakan ketersediaan kajian isu dan metodologi penguatan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Yaitu untuk pengembangan ekonomi desa dan ketersediaan kajian ekosistem digital pertanian untuk pengembangan ekonomi desa yang digunakan dalam situasi pandemik sekarang.

"Dengan adanya kajian tersebut, diharapkan akan menguatkan peran TIK dalam pertanian dan kontribusinya terhadap pertumbuhan sektor pertanian selama Covid-19," katanya dalam siniar dan workshop "Digital Agriculture Ecosystem Asia Pacific Telecommunity (APT) International Collaborative Research" yang menjadi rangkaian acara ITDRI Festival 2021, Kamis 9 Desember 2021.

Baca Juga: Jelang Pilkades Serentak, Bupati Subang Minta Media Turut Andil

Kementerian Kominfo bersama dengan Asia Pacific Telecommunity (APT) menaruh perhatian besar terhadap pertanian di era pandemi ini karena pertanian umumnya sektor strategis perekonomian.

Chairman of ITDRI, Jemy V Confido mengaku sangat mengapresiasi kolaborasi yang terjadi di antara dua negara ini.

Ia berharap audience akan mendapatkan pencerahan yang dapat memenuhi kebutuhan informasinya.

“Acara ini dapat membuat kedua pihak mempelajari banyak teknologi agrikultur, terutama yang bisa diterapkan di Indonesia ataupun negara lainnya di Asia Pasifik," tuturnya.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network