Ukur Tekanan Darah Anda Secara Rutin Sebelum Muncul Keluhan, Begini Alasannya

- 21 Mei 2022, 16:55 WIB
Ilustrasi. Ukur Tekanan Darah Anda Secara Rutin Sebelum Muncul Keluhan, Begini Alasannya.
Ilustrasi. Ukur Tekanan Darah Anda Secara Rutin Sebelum Muncul Keluhan, Begini Alasannya. /Pexels/ Pavel Danilyuk/

GALAMEDIA - Mengukur tekanan darah secara rutin sebelum muncul keluhan, harus mulai diperhatikan dan dijalankan.

Pasalnya, tekanan darah tinggi atau hipertensi biasanya tidak menimbulkan keluhan sehingga saat mungkin seseorang tidak menyadari jika dia mengalami kondisi tersebut sehingga sering disebut sebagai the silent killer.

Hal itu disampaikan Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Hipertensi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PP PERKI) dr. Badai Bhatara Tiksnadi, MM, Sp.JP(K).

Baca Juga: NCT DREAM Tampil di Allo Bank Festival 2022, Kembali Hebohkan Penggemar Indonesia Setelah 2 Tahun

"Memang, tekanan darah tinggi itu tidak ada keluhan dan sangat mungkin seseorang tidak mengetahui bahwa dia mempunyai tekanan darah tinggi. Maka, penting untuk mengukur tekanan darah sebelum ada keluhan," tutur Badai saat virtual media gathering, dikutip dari Antara, Sabtu, 21 Mei 2022.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan, prevalensi hipertensi di Indonesia meningkat dari 25,8 persen pada tahun 2013 menjadi 34,11 persen di tahun 2018.

Data juga menunjukkan hipertensi tak hanya terjadi pada orang lanjut usia, tapi juga pada kelompok umur di bawah 45 tahun, bahkan pada usia remaja atau dewasa muda.

Hipertensi dapat menyebabkan komplikasi di otak sehingga seseorang bisa terkena stroke. Selain itu, juga dapat menyebabkan kerusakan retina mata atau retinopati, penyumbatan pembuluh darah, gagal jantung, dan gagal ginjal.

Baca Juga: Profil dan Deretan Pemain Film Cinta Subuh, Ada Rey Mbayang Sampai Roger Danuarta

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x