Hati-hati! Ini Gejala Cacar Monyet Monkey Pox yang Harus Diwaspadai

- 1 Agustus 2022, 14:14 WIB
Gejala Cacar Monyet//pexels.com/Edward Jenner
Gejala Cacar Monyet//pexels.com/Edward Jenner /

GALAMEDIANEWS - Cacar monyet atau monkey pox saat ini sedang melanda di sejumlah Negara di dunia, apalagi belum lama ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meningkatkan status cacar monyet sebagai Darurat kesehatan Global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) pada Sabtu 23 Juli 2022. Ini tentu membuat banyak orang lebih waspada.

Cacar monyet adalah penyakit infeksi akibat Monkeypox virus (MPXV) yang termasuk dalam genus Orthopoxvirus, bagian dari keluarga Poxviridae yang mirip dengan virus penyebab smallpox. Penularan penyakit ini melalui binatang (zoonosis) tetapi gejalanya lebih ringan.

Monkeypox adalah penyakit langka yang pertama kali ditemukan tahun 1958 di Denmark ketika dua wabah penyakit seperti cacar terjadi pada koloni kera yang dipelihara untuk penelitian. Maka dari itulah, penyakit ini diberi nama monkeypox atau cacar monyet.

Baca Juga: Sidang Ade Yasin Dilanjutkan ke Pemeriksaan Saksi, Status OTT jadi Polemik

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Ri Mohammad Syahril mengungkapkan sejumlah gejala khas cacar monyet yang patut diwaspadai. Apa saja? Yuk, kita simak penjelasannya selengkapnya di bawah ini.

Tanda dan gejala Monkeypox

Gejala cacar monyet manusia mirip dengan gejala cacar tetapi cenderung lebih ringan. Perbedaan utama antara gejala cacar dan cacar monyet adalah munculnya kelenjar getah bening membengkak (limfadenopati) pada cacar monyet.

Berikut penjelasannya:

Fase prodromal

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x