Paru-paru Sehitam Arang, Begini Jika 30 Tahun Tak Pernah Absen Merokok

- 19 November 2019, 13:16 WIB
/dailymail

Sebuah klip video kembali viral di timeline media sosial. Video kali ini datang dari Negeri Tirai Bambu. Klip yang sejauh ini sudah dilihat lebih dari 25 juta kali itu memperlihatkan efek kebiasaan merokok pada paru-paru. Jika paru-paru yang sehat berwarna pink terang, tidak demikian dengan pecandu nikotin.

Dikutip dari DailyMail kemarin, seperti yang terlihat sejumlah tim dokter Rumah Sakit Rakyat Wuxi, Jiangsu, Cina mengekstraksi organ pernapasan pria berusia 52 tahun penderita sejumlah penyakit paru-paru yang meninggal mendadak. Rekaman yang mengejutkan tersebut menunjukkan paru-paru yang hitam akibat kebiasaan merokok setidaknya satu bungkus sehari selama 30 tahun.

OMG.

Alih-alih berwarna merah muda dengan lapisan yang sehat, paru-paru perokok berat memiliki campuran warna abu dan hitam arang. Dampak peradangan parah  terlihat jelas dengan serpihan residu tembakau yang memicu penyumbatan. Rekaman yang sengaja diabadikan para ahli bedah itu kemudian diposting di media sosial. Hasilnya tak sedikit netizen yang dibuat bergidik.

Sebelumnya pasien yang tak disebutkan identitasnya itu terdaftar sebagai pendonor organ pernapasan. Namun saat tim dokter melakukan pembedahan petugas medis menyadari mereka tidak akan dapat menggunakannya. Dokter Chen, ahli bedah transplantasi yang memimpin operasi mengatakan, “Pasien memang tidak menjalani CT scan sebelum kematiannya. Ia meninggal karena fungsi otaknya terhenti dan paru-parunya disumbangkan.”

Menghitam akibat sumbatan residu nikotin.

Tes indeks oksigenasi awal pasien dinyatakan baik, tapi ketika tim dokter melakukan bedah untuk mengangkat organ pernapasan, tim medis kaget mendapati kondisi paru-parunya. “Kami menyadari bahwa kami tidak akan dapat menggunakan organnya. Kami juga tahu orang Cina suka merokok tapi tetap ada  standar ketat,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X