Kebiasaan Duduk Silang dan Mendekatkan Lutut Bagi Kaum Perempuan Bisa Berbahaya

- 6 Desember 2019, 13:48 WIB
/cnn

DUDUK dengan menyilangkan kaki atau kedua lutut saling berdekatan sampai menyentuh, sangat identik dengan posisi duduk para perempuan.

Hal ini, mungkin sudah menjadi kebiasaan kaum Hawa, yang sulit untuk dihilangkan.

Namun, tahukah Anda jika menurut seorang ahli ortopedi, duduk dengan posisi ini tidak terlalu baik? Sebaliknya, seorang perempuan yang duduk dengan posisi yang biasa dilakukan lelaki, justru memiliki manfaat kesehatan yang lebih baik.

Dilansir dari Times of India dan suara.com, Jumat (6/12/2019), yang disampaikan Dr. Barbara Bergin, ahli bedah ortopedi bersertifikat.

Dr. Barbara sangat meyakini hal ini, bahkan dia memiliki suatu gerakan yang disebut S.L.A.M. (Sit Like A Man) untuk memberi manfaat bagi kesehatan perempuan.

Hal ini mulai ia sadari ketika dirinya pernah mengalami nyeri lutut pada usia 32 tahun. Rasa sakit itu hilang saat akhir pekan, yang membuatnya bertanya-tanya apa yang berubah selama akhir pekan. Dia menyadari bahwa dia tidak harus mengendarai mobil kecilnya, yang memaksa kedua kaki dan lututnya tertutup bersama dan menyebabkan sakit pinggul.

Menurutnya, perempuan memiliki panggul yang lebih luas daripada lelaki dan dengan demikian tulang paha mereka dapat berputar secara internal dari sendi pinggul. Perputaran ini menyebabkan lutut perempuan berdempetan masuk dalam pinggul dalam posisi mengetuk. Ketidaksejajaran dapat menyebabkan rasa sakit di lutut dan pinggul.

Jadi, duduk dengan posisi yang sering dilakukan perempuan sebenarnya menyakiti kita. Dr. Barbara juga menjelaskan bahwa seiring bertambahnya usia, kondisinya memburuk tetapi duduk seperti lelaki dapat segera meredakan rasa sakit.

Lebih lanjut dia mengatakan, kebiasaan duduk perempuan memiliki dampak besar pada masalah muskuloskeletal mereka. Ini dapat diubah dengan mudah saat Anda belajar duduk seperti lelaki, yakni dengan merentangkan kaki dan duduk dengan nyaman.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X