NextDev Berencana Resmikan Tempat Kolaborasi Startup Digital Tahun 2020

- 8 Desember 2019, 16:26 WIB

SETELAH sukses menggelar program pengembangan perusahaan rintisan (startup) NextDev, operator telekomunikasi Telkomsel berencana meresmikan tempat berkumpul para startup digital yang dinamai NextDev Hub pada awal tahun depan.

"Rencananya yang pertama ini akan kita luncurkan di BSD dalam waktu dekat, awal 2020," ujar VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, di sela konferensi teknologi The NextDev Hub di Jakarta.

Pria yang akrab disapa Abe itu mengatakan NextDev Hub akan menjadi tindak lanjut dari kompetisi dan pelatihan startup yang telah dilakukan Telkomsel. Tidak seperti ruang kerja bersama (coworking space) pada umumnya, NextDev Hub akan menjadi tempat untuk kolaborasi.

"Siapa tahu kita dapat startup yang memang relevan dengan industri telko, dan kita akan ajak penjajakan untuk kolaborasi apakah memungkinkan atau tidak, nah itu tu adanya di NextDev Hub tadi yang membedakan dengan coworking space yang lain," kata Abe.

Selain dapat bekerja layaknya di coworking space, startup juga bisa mendapat kesempatan untuk membuat kreasi digital baru di NexDev Hub dengan bantuan perusahaan teknologi yang akan dihadirkan di tempat tersebut.

“Di sanalah tempat bertemunya semua inspirasi semuanya berkolaborasi, bahkan tidak menutup kemungkinan yuk kita ajak para investor untuk kita ke NextDev Hub," ujar Abe.

NextDev Hub, lanjut Abe, bisa digunakan oleh startup lain, tidak hanya lulusan program NextDev. "Tapi tentunya akan lihat juga, hopefully mereka punya passion yang sama, punya keinginan social impact yang sama juga," ujar dia.

Sejak 2015, Telkomsel telah menggelar program NexDev untuk mewadahi ide para pengembang startup, yang kemudian dicoba untuk diwujudkan pada 2016, dan memasuki tahap purwarupa pada 2017.

Selanjutnya, pada 2018, startup hasil program NextDev semakin berkembang, di mana tidak sedikit startup yang telah memiliki aplikasi. Untuk mendorong pengembangan startup, Telkomsel kemudian menggelar NextDev Academy, program mentoring selama enam bulan.

Halaman:

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X