Penghujung Tahun Hujan Deras, Kunjungan Wisatawan di KBB Menurun

- 1 Januari 2020, 21:30 WIB

HUJAN deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bandung Barat sepanjang Selasa (31/12) siang sampai Rabu (1/1/2020) pagi, berpengaruh besar terhadap tingkat  kunjungan wisatawan  ke sejumlah objek wisata di Cisarua, Parongpong dan Lembang. Terutama menjelang  malam pergantian tahun, terlihat  lebih sepi.

Penurunan kunjungan wisatawan dibenarkan General Manajer Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC) Sapto Wahyudi. Menurun hampir setengah dari tingkat kunjungan tahun lalu.

"Jelang malam pergantian tahun, wisatawan yang berkunjung ke TWGC sekitar 1.100 orang. Turun drastis  dibandingkan tahun lalu yang mencapai 2.500 sampai 3.000 orang," kata Sapto di Lembang, Rabu (1/1/2020).

Menurutnya, faktor cuaca dimana hujan turun sepanjang Selasa berpengaruh besar pada tingkat kunjungan wisatawan. Orang menjadi malas pergi berwisata ke Lembang selain karena faktor alam juga terjadi kemacetan lalu lintas.

"Kalau untuk hunian tempat penginapan full, karena memang jauh-jauh hari mereka sudah booking. Sementara wisatawan yang memang untuk berwisata tidak menginap, itulah yang menurun," ungkapnya.

Penurun juga terjadi di objek wisata The Lodge. Padahal pengelola objek wisata tersebut sudah memberikan promo satu tiket untuk dua lokasi, yaitu The Lodge Maribaya dan Fairy Garden.

"Memang cuaca berpengaruh besar pada kunjungan wisatawan. Tahun lalu, pada saat jelang Tahun Baru lebih dari 5.000 wisatawan yang berkunjung, tapi sekarang hanya sekitar 2.700 orang. Turun hampir setengahnya," ungkap Head Marcomm of The Lodge Group Fauziah Puji.

Pada saat hujan turun, wisatawan yang tengah menikmati wahana wisata yang ada ada di The Lodge dan Fairy Garden terpaksa harus berteduh di cafe-cafe, resto dan area tunggu.

"Wahana wisata yang ada di kami sebagian besar out door, jadi ketika hujan turun ya harus menepi untuk berteduh," ujarnya.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X