Duh, Ada 14 Kabupaten Kota di Jabar Tak Miliki Bioskop

- 14 Januari 2020, 13:41 WIB

KEBERADAAn bioskop di kota-kota besar sudah menjadi hal biasa, termasuk di Kota Bandung. Namun sayang, keberadaan bioskop di Jawa Barat sangatlah kurang.

Bayangkan, Jawa Barat yang dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia nyaris 50 juta jiwa, 60 persen daerahnya belum punya bioskop. Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar tahun 2018, terdapat 16 daerah dari 27 kabupaten/kota belum punya bioskop.

Data menunjukan daerah yang mempunyai bioskop di Jabar hanya Kabupaten Bandung (1), Kabupaten Bekasi (2), Ciamis (1), Garut (1), Indramayu (1), Karawang (6), Kabupaten Tasikmalaya (1), Kota Bogor (4), Kota Cirebon (3), Kota Bandung (13) dan Kota Bekasi (14).

Kota Tasikmalaya yang pada tahun 2018 tercatat belum mempunyai bioskop, data terbaru di mesin pencarian sudah tersedia dua bioskop XXI di Mal Plaza Asia dan Transmart. Begitu juga Sumedang, data terbaru memiliki dua bioskop di Plaza Asia dan Jatos. Sehingga saat ini hanya 14 daerah yang belum punya bioskop.

Sementara 14 daerah yang belum tersedia bioskop antara lain Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bogor, Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kuningan, Majelengka, Pangandaran, Purwakarta, Subang, Kabupaten Sukabumi, Banjar, Kota Cimahi, Kota Depok, Kota Sukabumi.

"Kami memang belum mendapatkan update data terbaru jumlah bioskop di Jabar. Data terakhir yang kami punya tahun 2018," kata Kabid Industri Pariwisata Disparbud Jabar, Aziz Zulficar yang dilansir dari detikcom, Selasa (14/1/2020).

Aziz mengaku sangat mendukung berkembangnya dunia perfilman di tanah air khususnya di Jabar. Salah satunya dengan kehadiran bioskop di seluruh wilayah Jabar sebagai sarana mengapresiasi karya anak bangsa di samping sebagai hiburan masyarakat.

"Perfilman di tanah air dua tahun ke belakang ini sedang meningkat. Artinya kebutuhan sarana (bioskop) sendiri tinggi, jadi daerah harus mempersiapkan infrastruktur bioskop yang layak. Tentunya akan menyerap tenaga kerja juga," ungkap dia.

Azis pun menuturkan aktivitas pegiat film di Sukabumi saat ini sangat menjanjikan dan berkembang pesat. Namun sangat disayangkan tidak didukung dengan keberadaan bioskop baik di kabupaten dan kota Sukabumi.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X