Ini Dia Manfaat Donor Darah, Terutama untuk Kaum Pria

- 15 Januari 2020, 10:14 WIB

MEMILIKI kondisi fisik yang baik memang sangat penting agar produktivitas dalam menyelesaikan segala urusan dan pekerjaan tetap terjaga. Namun yang juga tak kalah penting diperhatikan adalah kesehatan mental karena aspek yang satu itu ternyata memiliki kaitan erat dengan kesehatan fisik. Apabila kesehatan pikiran bisa terjaga, bisa dipastikan kondisi fisik pun akan selalu dalam kondisi terbaik.

Fakta menarik, ternyata menjaga kesehatan fisik dan mental tak hanya bisa dilakukan dengan menghindari pikiran dan fisik dari hal-hal negatif, tapi juga bisa dengan rutin melakukan donor darah. Kegiatan sosial yang begitu mulia ini, tak hanya membawa kebaikan bagi sesama tapi juga untuk diri sendiri. Terlebih bagi para pria, dianjurkan untuk rutin melakukan donor darah secara berkala.

Ingin tahu lebih lanjut apa saja manfaat donor darah bagi pria? Cari tahu di bawah ini yuk!

Mempercepat Penyembuhan Luka

Tubuh memiliki sistem yang unik, ketika terjadi luka tubuh akan melakukan penyesuain diri terhadap berkurangnya sel darah merah. Fase seperti itu juga dialami ketika baru saja melakukan donor darah. Ini dia salah satu manfaat donor darah bagi pria, yaitu mampu menyembuhkan luka lebih cepat. Jadi tak perlu khawatir jika akibat melakukan suatu kegiatan kamu mendapat luka.

Manfaat donor darah bagi pria yang aktif salah satunya memang adalah untuk menyembuhkan luka lebih cepat. Ketika jumlah darah merah mengalami penurunan, tubuh akan memproduksi sel untuk menutupi kekurangan tersebut. Kemudian yang terjadi dalam proses tersebut, luka bisa sembuh dengan lekas.

Mampu Membantu Penurunan Kolesterol

Keberadaan kolesterol berlebihan dalam darah bisa menimbulkan bahaya dan berbagai gejala kesehatan. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari hal-hal yang dapat melecut peningkatan kadar kolesterol. Sebaliknya lakukan juga sesuatu yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah, seperti donor darah.

Manfaat donor darah bagi pria juga adalah untuk membantu penurunan kolesterol jahat dalam tubuh. Ada sebuah penelitian yang membuktikan apabila donor darah mampu mengurangi kekentalan darah. Dengan begitu kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah pun juga dapat dikurangi. LDL inilah yang menjadi penyebab seseorang terkena beragam gejala penyakit, misalnya penyumbatan pembuluh darah.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X