Ini Tips Sebelum Menjual Ponsel Lama atau Jadul

- 25 Mei 2020, 15:07 WIB

AFA sejuta alasan untuk menjual ponsel lama, mulai dari ingin beralih ke teknologi terbaru, tidak terpakai sampai membutuhkan dana.

Sebelum menjual, pengguna sebaiknya melihat harga pasaran harga purnajual untuk model ponsel tersebut. Setelah itu, putuskan akan menjual di mana, apakah melalui marketplace atau mungkin mengikuti program tukar-tambah atau trade-in.

Simak beberapa tips berikut ini sebelum menjual ponsel lama, dikutip dari laman Cnet.

1. Pakai casing
Memakai casing memang bisa mengurangi nilai estetika ponsel, namun, sangat membantu mengurangi risiko ponsel tergores. Pakaikan casing ke ponsel sehingga jika suatu saat perangkat harus dijual, kondisi bodi cukup bagus.

Gunakan casing yang bisa menutupi seluruh sisi ponsel.

2. Pakai pelindung layar
Gunakan pelindung layar, screen protector, yang terbuat dari gelas, bukan plastik. Ketika ponsel jatuh, maka yang akan retak adalah pelindung tersebut, tidak langsung layar.

Ketika menjual ponsel, lepas pelindung tersebut atau hitung juga ke dalam harga jual.

3. Simpan kotak dan seluruh aksesoris
Usahakan kotak dan seluruh aksesoris ponsel, termasuk pengisi daya, masih dalam keadaan lengkap untuk menambah nilai jual.

4.Bersihkan ponsel
Tidak kalah penting, bersihkan ponsel sebelum menjual agar terlihat menarik ketika diiklankan.

5. Perbaiki layar
Jika layar ponsel retak dan ingin dijual, perbaiki dulu layar tersebut, untuk memperbaiki harga jual. Tapi, sebelum memperbaiki, hitung dulu biaya perbaikan dengan perkiraan harga jual.

6. Reset ulang
Paling penting, sebelum menjual ponsel, buat cadangan berkas dan kembalikan ponsel ke setelan pabrik atau reset factory setting.

Cara ini sangat penting untuk mengamankan data-data pribadi yang tersimpan di perangkat.

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X