Di Tengah Hantaman Corona, Samsung Masih Kuasai Pasar Smartphone

- 26 Mei 2020, 10:13 WIB
ilustrasi

DI tengah gelombang pandemi corona (Covid-19) yang memukul pasar smartphone global turun 13 persen kuartal pertama 2020, Samsung masih tetap memimpin penjualan ponsel pintar walaupun pangsa pasarnya terkoreksi.

Pada kuartal pertama tahun ini, Samsung telah mengirimkan 59 juta unit smartphone ke seluruh dunia, di urutan pertama meski pangsa pasarnya turun dari 21 persen menjadi hanya 20 persen.

Sebagai perbandingan bahwa pada kuartal pertama 2019 mampu menjual 72 juta unit smartphone di pasar global.

Di urutan kedua, Huawei mencatatkan penjualan 49 juta smartphone pada Januari-Maret 2020, sekitar 10 juta unit lebih sedikit dari periode sama 2019 yang mencapai 59,1 juta unit, mengutip laporan perusahaan riset Counter Point, Selasa.

Selanjutnya di urutan ketiga dan keempat ada Apple dan Xiaomi yang masing-masing mengirimkan 40 juta dan 29,7 juta unit smartphone pada kuartal pertama tahun ini.

Seperti yang lainnya, penjualan Apple itu turun dari 42 juta unit pada kuartal sama 2019. Dan, hanya Xiaomi yang penjualannya naik dari hanya 27,8 juta tahun lalu.

Efek pandemi yang berkelanjutan di pasar ponsel cerdas kemungkinan akan lebih buruk di kuartal kedua, menurut Counter Point.

Pasar Cina sedang pulih, sementara banyak pasar utama lainnya sedang menjalani karantina wilayah karena pandemi. Tergantung pada tingkat keparahan pandemi, pemulihan di beberapa pasar ini juga bisa memakan waktu lebih lama.

Ke depan, merek dengan pangsa lebih besar di Cina, seperti Huawei, berada dalam posisi yang lebih baik daripada merek seperti Samsung, yang hampir semua pasar utamanya masih dalam karantina.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X