Sektor Wisata dan Nelayan Pantai Santolo Terdampak Covid-19

- 26 Mei 2020, 10:40 WIB
Ilustrasi Pantai Santolo

LIBUR lebaran menjadi salah satu waktu liburan yang ditunggu-tunggu. Adapun salah satu tujuan wisatanya adalah pantai.

Di Jawa Barat bagian selatan, terbentang garis pantai yang cukup panjang. Salah satu tujuan wisata yang terkenal adalah Pantai Santolo di Kabupaten Garut.

Namun, di tengah pandemi covid-19, berwisata menjadi hal yang dilarang. Menurut Ketua Balaiwisata Pantai Santolo Dede Rustandi, jika pantai santolo kini hanya didatangi oleh warga sekitar saja, tidak ada wisatawan dari luar daerah.

"Dari H lebaran sampai hari ini keadaan Santolo cukup lengang. Adapun (wisatawan) sekitar 20 persen saja itu pun warga lokal," ungkap Dede dilansir dari prfmnews.id, Selasa (26/5/2020).

Selain pariwisata, sambung Dede, perdagangan ikan pun terdampak. Banyak nelayan sulit menjual hasil melautnya karena dampak covid-19.

Tak hanya itu, saat ini pun kondisi angin cukup kencang, sehingga mengakibatkan nelayan kesulitan melaut.

"Sekarang harga ikan jauh menurun, karena ikan-ikan yang biasa dikirim ke luar negeri ini terganggu, makanya nelayan sejak adanya corona ini cukup kesulitan," ucapnya.

Untuk sampai kapan Pantai Santolo ini dibuka, Dede mengaku tidak mengetahui kapan waktunya. Pasalnya, hingga saat ini belum ada pengumuman dari pemerintah.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X