Garut Berharap Destinasi Wisata Bisa Kembali Beroperasi Juni Mendatang

- 26 Mei 2020, 20:35 WIB

SAAT INI, semua objek wisata di Kabupaten Garut masih belum bisa dikunjungi. Tempat-tempat wisata baru boleh buka dan beroperasional kembali setelah ada keputusan dari pemerintah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Budi Gan Gan Gumilar mengatakan, hingga kini pihaknya masih belum bisa membuka objek wisata di Kabupaten Garut karena belum ada arahan dari pemerintah pusat terkait pandemi ini.  

"Jadi semuanya (objek wisata) masih ditutup. Bulan ini masuk dalam situasi tanggap darurat," ujarnya, Selasa (26/5/2020).

Menurut Budi Gan Gan, sampai saat ini pihaknya masih menunggu instruksi lanjutan terkait wacana new normal atau normal baru yang akan diterapkan. Ia pun berharap, aturan new normal tersebut sudah bisa dilakukan pada awal Juni 2020 ini.

"Kami juga sedang merancang untuk berwisata dengan protokol kesehatan. Meman belum ada arahan, tapi kami siapkan," ucapnya.

Budi menyebutkan, wisata dengan protokol kesehatan di antaranya menggunakan masker saat berwisata, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan.

Ia mengungkapkan, pihaknya ingin segera membangkitkan sektor wisata di Kabupaten Garut yang anjlok pasca merebaknya wabah Covid-19 atau virus corona.

"Dalam kondisi pandemi ini, kebiasaan wisatawan akan berubah. Untuk masuk destinasi akan diterapkan protokol kesehatan. Misal jaga jarak dan penyediaan hand sanitizer. Yang tadinya bergerombol, sekarang jadi skala kecil," katanya.

Budi menuturkan, saat ini tingkat penyebaran virus corona di Kabupaten Garut berada di bawah satu persen dan masuk ke dalam zona biru. Dari 13 yang positif, tinggal tiga orang yang masih menjalani perawatan.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X