Akses ke Labuan Bajo Kembali Dibuka Pertengahan Juni?

- 27 Mei 2020, 13:32 WIB
Labuan Bajo

WABAH virus corona mengubah tatanan hidup di dunia. Seluruh aktivitas diminta untuk dilakukan di rumah, hingga kegiatan wisata pun lumpuh.

Industri pariwisata merupakan sektor terdampak sangat parah. Transportasi darat laut dan udara dipaksa berhenti beroperasi, demi mencegah mata rantai penularan Covid-19.

Pariwisata Labuan Bajo, salah satu pariwisata yang berhenti beroperasi sejak pandemi virus corona. Akses keluar masuk Labuan Bajo Manggarai Barat sebagai gerbang pariwisata NTT juga sempat ditutup sejak 26 maret 2020. Pesawat dan kapal penumpang berhenti beroperasi.

Semua hotel, restoran, dive shop dan bisnis kuliner di daerah yang dikenal sebagai destinasi super premium ini ditutup.

Namun, ada kabar bahagia, tak lama lagi akses pariwisata Labuan Bajo akan kembali dibuka. Rencana membuka akses pariwisata dan meniadakan pembatasan wilayah di NTT diambil setelah penularan virus corona di NTT dilaporkan makin menurun ditandai dengan tingkat kesembuhan pasien positif corona terus bertambah.

Menurunnya tren pandemi virus corona membuat Gubernur Viktor Laiskodat segera membuat ancang-ancang, membuka akses keluar masuk NTT pada 15 Juni mendatang.

Dalam video conference bersama seluruh Bupati dan Wali Kota di NTT, Senin (26/5/2020) lalu, Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat langsung membahas kesiapan daerah untuk beradaptasi dengan situasi new normal yang secara bertahap akan diimplementasikan.

New normal adalah perubahan perilaku akibat pandemi Covid-19 namun tetap menjalankan aktivitas normal. Salah satu poin yang diwanti-wanti Gubernur NTT yakni ledakan pada sektor pariwisata pasca pandemi. Gubernur Laiskodat dalam rapat online ini secara khusus membahas pariwisata Labuan Bajo sebagai destinasi super premium.

"Sepertinya Labuan Bajo pariwisatanya pasti akan mengalami masalah yang sangat luar biasa, tetapi ini juga momentum untuk kita menyiapkan diri menyambut lompatan kunjungan yang akan datang, kita siapkan betul SDM-nya," kata Viktor Laiskodat, dilansir kembali dari viva.co.id.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X