Pasca Bentrokan, 59 Aplikasi Seluler Asal China Diblokir India

- 30 Juni 2020, 08:27 WIB
Tiktok salah satu aplikasi yang diblokir India.

GALAMEDIA - Sebanyak 59 aplikasi yang sebagian besar merupakan aplikasi seluler asal China, termasuk TikTok milik Bytedance dan WeChat milik Tencent, diblokir pihak India. Langkah tegas memboikot China dari ruang online ini, sejak sengketa perbatasan meletus antara kedua negara bulan ini.

Kementerian teknologi India, Senin, 29 Juni 2020, Reuters melaporkan, mengeluarkan perintah yang menyatakan aplikasi itu "merugikan kedaulatan dan integritas India, pertahanan India, keamanan negara dan ketertiban umum."

Mengikuti kebijakan itu, Google dan Apple harus menghapus aplikasi-aplikasi tersebut dari toko Android dan iOS.

Baca Juga: Lakukan Pemeriksaan dan Penyetelan Motor Kopling Secara Berkala

Dilansirkan Antaranews, langkah itu dilakukan setelah bentrokan perbatasan antara kedua negara di daerah Himalaya awal bulan ini yang mengakibatkan kematian 20 tentara India.

Larangan itu diharapkan menjadi batu sandungan besar bagi perusahaan-perusahaan China, seperti Bytedance di India, yang merupakan salah satu pasar layanan web terbesar di dunia.

Bytedance yang berkantor pusat di Beijing memiliki rencana untuk menginvestasikan 1 miliar dolar AS di India, membuka pusat data lokal, dan baru-baru ini meningkatkan jumlah perekrutan di negara tersebut.

Baca Juga: Penyebab Meninggalnya Pangeran Arab Saudi Masih Misterius

India adalah pendorong terbesar instalasi aplikasi TikTok, terhitung 611 juta unduhan atau 30,3 persen dari total jumlah unduhan, kata perusahaan analisis aplikasi Sensor Tower pada bulan April.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X