Kapan Waktu yang Tepat Kembali Berhubungan Intim Setelah Melahirkan

- 1 Juli 2020, 02:15 WIB
Ilustrasi. instagram.com/@medinazein

GALAMEDIA - Kebanyak orang beranggapan melakukan hubungan seks setelah melahirkan sebagai sesuatu yang tidak mungkin. Rasa lelah dan sederet alasan membuat keintiman bersama pasangan pun berkurang pasca-persalinan.

Faktanya, kehamilan dan proses persalinan memang menimbulkan banyak perubahan terhadap tubuh dan kehidupan seks. Kendati demikian, bukan berarti seks postpartum dilarang.

Walau banyak yang berubah, seks pasca-persalinan sah-sah saja dilakukan. Seks dapat meningkatkan dan mengembalikan keintiman bersama pasangan.

"Jika keintiman tidak dijaga, pasangan akan merasa terputus dan dapat menimbulkan rasa benci," ujar psikolog Amy Levine, mengutip Parents.

Baca Juga: Bikin Geger, Percakapan Donald Trump-Angela Merkel Terlalu Agresif

Seks juga dipercaya dapat meningkatkan suasana hati orang tua baru yang sedang kelelahan mengurus buah hati pertamanya dengan melepaskan serotonin, endorfin, dan oksitosin yang berperan untuk menciptakan perasaan bahagia.

"Mulai-lah dengan berciuman atau menyentuh satu sama lain dengan penuh cinta. Lanjutkan dengan seks jika Anda sudah siap," kata Levine.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk kembali berhubungan intim setelah melahirkan?

Pada dasarnya, perubahan hormon pasca-persalinan memberikan banyak perubahan pada tubuh perempuan. Perubahan hormon membuat jaringan vagina lebih tipis dan sensitif. Selain itu, proses menyusui juga bisa menurunkan libido.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X