Gunung Berapi Raksasa Bersembunyi di Bawah Kota Hong Kong

- 6 Juli 2020, 13:08 WIB
Panorama Hong Kong yang kini menjadi salah satu kota dari negara China. /- Foto: Pixabay

GALAMEDIA - Gunung berapi raksasa (supervolcano) berusia sekitar 140 juta tahun ditemukan ahli geologi asal China bersembunyi di bawah pusat Kota Hong Kong.

Para ilmuwan menemukan batuan yang mereka lihat semuanya dapat dihubungkan dengan satu sumber, dan menjadikan temuan yang pertama dari jenisnya di wilayah tersebut.

Gunung berapi raksasa memiliki erupsi dengan Volcanic Explosivity Index (VEI) delapan, nilai yang tercatat terbesar pada indeks. Ini berarti volume simpanan untuk letusan itu lebih besar dari 1.000 kilometer kubik, cukup untuk menghapus seluruh kota dari peta dan menyebabkan bencana global dari efek yang ditimbulkannya, seperti musim dingin nuklir.

Baca Juga: Karangan Bunga Kekecewaan PPDB Membanjiri Balai Kota DKI Jakarta

“Benar untuk mengatakan bahwa kota utama (Hong Kong) terletak di gunung berapi yang sangat tua," ujar Insinyur Teknik Sipil dan Pengembangan Departemen geoteknik, Denise Tang Lai-kwan.

"Meskipun sebagian besar sisa terendam, granit di Kowloon dan pilar-pilar batu di Kepulauan Ninepin dapat ditelusuri kembali ke sumber yang satu ini," tambahnya.

Rekannya, Dr Roderick Sewell ingat saat dia menyadari tengah melakukan penelitian yang menunjuk pada satu sumber, yakni sebuah gunung api super.

“Kami melihat sesuatu yang jauh lebih besar dari apa yang kami pikirkan. Hanya ada sekitar 50 gunung api super dalam sejarah umat manusia," ujarnya.

Baca Juga: Negaranya Bakal Diobok-obok WHO, China Tunjuk Spanyol yang Temukan Kasus 9 Bulan Sebelum Wuhan

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X