Bali Kembali Terima Kunjungan Wisatawan di Akhir Bulan Juli

- 7 Juli 2020, 17:13 WIB
Suasana di Pantai Kuta Bali. (wikipedia) /

GALAMEDIA - Di tengah masih mewabahnya virus corona atau Covid-19, sektor pariwisata mulai kembali bangkit. Di sejumlah daerah di Indonesia, objek wisata dibuka lagi dan menerima kunjungan wisatawan.

Bali sebagai destinasi andalan Indonesia juga akan melakukan hal yang sama. Rencananya, Pulau Dewata akan menerima kembali wisatawan dalam negeri pada akhir bulan Juli. Sedangkan wisatawan asing akan dibolehkan berkunjung ke Bali mulai September mendatang.

Gubernur Bali, I Wayan Koster menerangkan, umat Hindu Bali meyakini wabah penyakit merupakan bagian dari siklus alam yang bisa datang dalam kurun dasawarsa, abad, atau bahkan milenium.

Baca Juga: Jokowi dan Megawati Digugat karena Dianggap Jadi Inisiator RUU HIP

Pandemi Covid-19, lanjutnya, termasuk penyakit besar (gering agung) sebagaimana lepra yang pernah terjadi di Bali pada 1599 M.

Meski begitu, Koster yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Bali itu menyatakan bahwa Bali berhasil mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19.

"Hasil yang baik tersebut ditandai dengan terkendalinya muncul kasus positif baru, tingkat kesembuhan yang tinggi, dan jumlah yang meninggal relatif kecil," tutur Koster seperti dikutip dari BBC News Indonesia, Selasa 7 Juli 2020.

Baca Juga: Jakarta Bakal Lebih Cepat Tenggelam Gara-gara 'Reklamasi' Kawasan Ancol dan Dufan

Karena sudah berhasil, Bali pun akan memulai penerapan normal baru (new normal) termasuk untuk pariwisata. Penerapan normal baru itu akan dilakukan dalam tiga tahap.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X