Selain Menghilangkan Stres, Ini Manfaat Bersepeda

- 12 Juli 2020, 07:42 WIB
Ilustrasi. (Pikiran Rakyat) /


GALAMEDIA - Bersepeda kini banyak diminati masyarakat dari usia muda sampai tua. Apalagi selain bisa menghilangkan stres, bersepeda juga membuat tubuh kita sehat.

Berikut manfaat lain dari bersepeda seperti dilansirkan doktersehat.com:

1. Meningkatkan kekuatan otot

Saat bersepeda, hampir semua anggota tubuh dan otot terlibat. Karenanya jika dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

Baca Juga: Juventus vs Atalanta: Dua Gol Penalti Ronaldo Selamatkan Muka Si Nyonya Tua

2. Meredam stres

Dengan bersepeda tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit.

Timbulnya rasa nyaman dalam tubuh otomatis akan membuat pikiran Anda lebih tenang. Ketenangan pikiran ini ditambah dengan pemandangan baru yang Anda dapatkan saat bersepeda. Kondisi ini membuat penurunan tingkat stres dalam tubuh akan makin terasa.

3. Menjaga berat badan ideal

Manfaat bersepeda yang paling besar adalah membuat kinerja kardiovaskular dan otot Anda menjadi kian optimal. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif, kardiovaskular yang baik dan otot terlatih adalah meningkatnya metabolisme tubuh dan pembakaran kalori.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X