Diserbu Ribuan Netizen Klaim Batik asal China, Xinhua Akhirnya Ralat Pernyataanya

- 13 Juli 2020, 19:25 WIB
China klaim Batik berasal dari negaranya /Twitter @XHNews

GALAMEDIA - Sebuah media asing asal China diserbu netizen Indonesia di media sosial Twitter, sejak Ahad (12/7/2020) hingga hari ini, Senin (13/7/2020). Pasalnya, mereka menyatakan batik berasal dari Tiongkok.

Xinhua News awal mengunggah cuitan di twitternya menyebutkan batik merupakan kerajinan tangan asli dan umum di kalangan etnis China. Pada Twitter disebutkan, masyarakat mengaplikasikan batik dengan lilin panas, sama seperti yang dilakukan di Indonesia.

Bahkan di bagian akhir cuitan terdapat tagar berbunyi #AmazingChina, menyatakan batik sebagai karya seni asal negeri tirai bambu tersebut.

Sontak cuitan tersebut pun mengundang banyak respons dari para netizen, tentunya asal Indonesia. Hingga saat ini, Senin (13/7/2020) cuitan tersebut mendapat komentar hingga ribuan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Puncak Pandemi Virus Corona Terjadi pada Kisaran Agustus-September 2020

Tentu saja para netizen dari Indonesia banyak menyerbu kolom komentar cuitan @XHNews. Bahkan para netizen menyebut soal pandemi covid-19 yang berasal dari negeri tersebut.

Sehubungan hal itu, Xinhua News akhirnya meralat kalimat postingan sebelumnya yang menyatakan batik adalah kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis di China.

Dalam postingan selanjutnya media asal negara China itu meralat diksi Batik, yang mana kata ‘Batik’ itu berasal dari Bahasa dari Indonesia, atau lebih tepatnya Bahasa Jawa.

screenshot Twitter.
screenshot Twitter.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X