Hindari Pantangan Asam Urat, Kenali Penyebab hingga Penanganannya!

- 25 Januari 2023, 21:45 WIB
Asam urat disebabkan asupan makanan yang kurang seimbang dan pola hidup yang keliru. Banyak terjadi pada usia muda dengan pola hidup zaman now.
Asam urat disebabkan asupan makanan yang kurang seimbang dan pola hidup yang keliru. Banyak terjadi pada usia muda dengan pola hidup zaman now. / Freepik @wayhomestudio /

GALAMEDIANEWS - Asam urat sangat bergantung pada apa yang dikonsumsi. Kuncinya selain gaya hidup, menjaga asam urat sama dengan menjaga asupan.

Kadar asam urat dapat dikendalikan dengan pintar-pintar memilih makanan. Karena asam urat sebenarnya dihasilkan alami oleh tubuh dari hasil metabolisme olahan zat purin dari makanan.

Secara alami, tubuh sudah memproduksi zat purin. Kadar asam urat akan meningkat seiring pertambahan zat purin tambahan dari makanan dan minuman tertentu. Dan pada saat kondisi itulah orang akan terserang penyakit asam urat

Penyakit asam urat ini akan terasa, karena ginjal tak lagi bekerja efisien untuk menghilangkan asam urat dari setiap makanan yang masuk. Selain langsung dari makanan yang dikonsumsi, asam urat rentan dirasakan oleh orang yang memiliki berat badan berlebih, diabetes, dan peminum alkohol. 

Namun pada dasarnya pemicu utama adalah apa yang dikonsumsi. Gejala yang dialami saat asam urat tinggi adalah terasa nyeri pada persendian. Dan gejala ini bisa dirasakan saat pagi bangun tidur dan malam sebelum tidur. 

Baca Juga: Bleach Akhirnya Ungkap Kebenaran di Balik Kematian Ibu Ichigo

Tampak luar, persendian yang terasa nyeri akan terlihat lebih merah, sedikit kaku dan sulit digerakkan. Berikut kadar asam urat normal bagi pria dan wanita:

Pria: 3,4 sampai 7,0 mg/dL

Wanita: 2,4 sampai 6,0 mg/dL

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: yankes.kemkes.go.id


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x