Najwa Shihab dan Buku Cerita Favorit, Mulai dari Buku Puisi Joko Pinurbo hingga Novel Agatha Christie

- 6 Februari 2023, 12:21 WIB
Najwa Shihab dan kecintaannya terhadap buku./IG @perpusnas.go.id
Najwa Shihab dan kecintaannya terhadap buku./IG @perpusnas.go.id /
GALAMEDIANEWS – Literatur adalah kunci untuk memperluas cakrawala pemikiran. Asupan buku yang beragam mampu memberi corak bagi khazanah pemikiran. Indonesia mempunyai sosok wanita yang tidak usah lagi dipertanyakan sisi intelektualitasnya.
 
Sosok wanita cerdas yang menjadi role model bagi wanita lainnya.  Siapa yang tidak mengenal Najwa Shihab ? Wanita berambut sebahu ini kerap disapa dengan Mbak Nana. Wanita  dengan latar belakang pendidikan hukum ini kemudian mengambil jalur profesi di bidang jurnalistik. 
 
 

 Najwa Shihab, presenter dan jurnalis yang pernah menyita perhatian publik ketika menjadi presenter sebuah program talkshow yang menghadirkan para pejabat, politisi maupun pemangku kebijakan. Dalam acara tersebut, kata-katanya lugas dan padat dengan makna.

Sekarang, ia adalah pendiri dari sebuah perusahan media massa dan jurnalistik. Pencapaian lain dari Najwa Shihab dalam bidang literasi yaitu ia  pernah didaulat oleh Perpustakaan Nasional sebagai duta baca Indonesia pada periode 2016-2020. Sejak tahun 2021, posisi duta baca Indonesia digantikan oleh Gol A Gong.
 
Mengutip dari YouTube Kemenkeulib, Najwa pernah berbagi cerita tentang buku. Video YouTube bertajuk buku kesukaan Najwa Shihab. Tayangan ini memang sudah diunggah beberapa tahun yang lalu, namun tidak ada salahnya menjelajah kembali karena banyak pelajaran yang bisa diambil.  
 
 

Menurut Najwa, buku favoritnya banyak karena ia terbiasa membaca beberapa buah buku dalam satu waktu yang bersamaan. Ia mengatakan, total buku yang dibacanya yaitu sekitar 3-4 buku.

“Kalau pagi-pagi itu enaknya baca sesuatu yang serius kalau malem sebelum tidur tuh bacanya sesuatu yang lebih ringan biar tidurnya gampang.” ujar Najwa sebagaimana dikutipdari akun TouTube miliknya.
 
Sementara, jenis buku yang ia sukai beragam misalnya saja semenjak kecil, ia menyukai tipe buku berjenis kriminal dan detektif. Semisal  buku dari  Agatha Christie yang sampai sekarang masih juga disukainya. Selain itu, ia mengatakan  menyukai karya dari Jo Nesbo tentang Harry Hole yang merupakan detetiktif rekaan dalam sebuah novel. 
 

Tidak hanya itu,  genre buku yang disukainya berasal dari bidang sastra yaitu buku puisi, “Terlihat kan romantis orangnya,” ujarnya.

Ia mengaku penyair favoritnya adalah Joko Pinurbo dan menurutnya waktu membaca puisi adalah  malam-malam supaya mimpinya enak. Ia pun menambahkan, dirinya menyukai buku biografi alasannya untuk mencari tahu apa yang membuat seseorang  menjadi sukses.
 
Serta apa yang membuat tokoh tersebut memiliki grit (ketabahan) ketika menghadapi tantangan. Najwa pun menyukai  membaca biografi tokoh-tokoh besar karena selalu menyegarkan.

 
Ia lalu memberikan tips untuk mencari buku sesuai minat.  Apabila seseorang menyukai bola maka baca saja tentang bola, menyukai komik silakan membaca  tentang komik.  
 
Sebagai penutup dirinya mengucapkan kalimat ajakan untuk seseorang agar jatuh cinta terhadap buku, “Manusia itu sudah menulis buku dari 2000 tahun yang lalu. Pasti ada buku yang kamu suka. Cukup perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku itu. Mari jatuh cinta.” katanya.***

Editor: Nalarya Nugraha

Sumber: YouTube Kemenkeulib


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x