Pantai Plengkung Banyuwangi Jadi Tuan Rumah Liga Selancar Dunia

- 30 Juli 2020, 09:07 WIB
Wisatawan membawa papan selancar di kawasan Pantai Canggu, Badung, Bali, Kamis 4 Juni 2020. (Foto: Antara/Fikri Yusuf/aww)** /

GALAMEDIA - Banyuwangi akan menjadi tuan rumah Liga Selancar Dunia (World Surf League/WSL) pada Juli 2021 mendatang. Agenda ini diyakini bisa mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan.

Saat ini, Banyuwangi tengah bersiap menjadi tuan rumah WSL. Lokasinya di Pantai Plengkung atau lebih dikenal dengan nama G-land yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Ombak Pantai Plengkung memiliki ketinggian mencapai 6-8 meter dan panjang 2 kilometer, sehingga menjadi tujuan wajib para peselancar. Ombak Pantai Plengkung bahkan menempati posisi kedua setelah Hawaii untuk kategori tujuh ombak terbaik di dunia.

Baca Juga: Tidak Pakai Sabun Mandi Selama 5 Tahun, Dokter Ini Disebut Bau Manusia

Atas rencana tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendukungnya.

"Nantinya kita juga mau dukung G-land karena untuk WSL di Juli tahun depan. Kita masih ada waktu sekitar satu tahun untuk mempersiapkan itu dan kita berharap pada waktu itu COVID-19 sudah lebih berkurang sehingga lebih banyak orang yang datang ke Indonesia," katanya seperti dikutip galamedianews dari Antara, Kamis 30 Juli 2020.

Baca Juga: Serum Hiperimun dari Kuda Mulai Diuji untuk Vaksin Covid-19

"Kenapa Banyuwangi ini bagus, karena menurut saya, Pak Anas selaku Bupati Banyuwangi ini mampu melakukan kolaborasi dan tidak bekerja sendiri-sendiri, sehingga lebih efisien. Ekonomi dan COVID-19 itu saling berkaitan," imbuhnya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X