Mengenal Lasminingrat, Tokoh Wanita Sunda yang Muncul di Google Doodle Hari Ini

- 29 Maret 2023, 07:01 WIB
Lasminingrat Tokoh Pendidikan wanita Sunda yang berasal dari Garut diabadikan dalam Google Doodle hari ini./ tangkapan layar Google
Lasminingrat Tokoh Pendidikan wanita Sunda yang berasal dari Garut diabadikan dalam Google Doodle hari ini./ tangkapan layar Google /
GALAMEDIANEWS- Google Doodle pada hari ini, Rabu, 29 Maret 2023 menampilkan tokoh nasional yang bernama Lasminingrat. Wanita bernama lengkap, Raden Ayu Lasminingrat ini lahir pada 29 Maret 1843 di Garut.

 

 
Lasminingrat memiliki nama lahir Soehara ini merupakan putri dari kyai, penghulu, dan sastrawan dari tanah Sunda Raden Haji Muhamad Musa. Beliau juga istri kedua dari Bupati Garut, Raden Adipati Aria Wiratanudatar VII.
 
Lasminingrat mulai menempuh pendidikan di Sekolah Belanda di daerah Sumedang. Lasminingrat dikenal sebagai wanita yang cerdas hingga dikenal sebagai salah satu wanita pribumi yang cerdas menulis dan berbahasa Belanda pada masanya berkat didikan oleh Levyson Norman, teman dekat ayahnya yang menjadi bapak asuh beliau ketika tinggal di Sumedang.
 
Kiprah Lasminingrat berawal dari dunia kepenulisan. Salah satunya buah tangannya dengan menerbitkan buku Carita Erman yang merupakan terjemahan dari Christoph von Schmid, kemudian Warnasari atawa roepa-roepa dongeng. Kedua karyanya tersebut telah menjadi salah satu buku pelajaran bukan saja di Garut, tetapi tersebar hingga daerah luar jawa yang diterjemahkan dalam Bahasa Melayu.
 
 

 

Setelah beliau menikah dengan Bupati Garut, kiprahnya beralih ke dunia pendidikan dengan mendirikan sekolah Kautamaan Istri pada 1913 yang merupakan sekolah khusus perempuan pribumi di Garut. Pendirian sekolah tersebut berkat bantuan dari Raden Dewi Sartika yang juga mendirikan Sekolah Kautamaan Istri di Bandung.
 
Lasminingrat wafat pada tahun 1948 ketika usia 105 tahun dan dimakamkan tepat di belakang Masjid Agung Garut di Komplek Pemakaman Keluarga Raden Haji Moehamad Moesa.
 
Tidak semua orang tahu kiprah Lasminingrat sebagai pelopor penulis wanita pertama di Indonesia sekaligus tokoh pergerakan pendidikan wanita Indonesia. Namanya kalah terkenal dengan tokoh pergerakan wanita lainnya seperti Raden Ajeng Kartini, Raden Dewi Sartika, Maria Walanda Maramis, hingga Rahmah El Yunusiyah.
 

 

 
Lasminingrat diusulkan menjadi Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Kabupaten Garut hingga Pemerintah Provinsi Jawa Barat sejak 2007 dan belum ditetapkan hingga saat ini karena kurangnya data dan perlu pengkajian lebih lanjut l.
 
Nama Lastriningrat diabadikan sebagai gedung pertemuan di Garut dan gedung sekolah Kautamaan Istri yang berlokasi di Jalan Ranggalawe peninggalannya kini dijadikan SDN Regol 7 dan 10 dan bangunan bersejarah tersebut berstatus cagar budaya oleh pemerintah daerah setempat.
 

 

 
Demikian profil dari Lasminingrat, Pelopor penulis wanita pertama di Indonesia sekaligus tokoh pergerakan pendidikan wanita di Indonesia dari tanah Sunda yang diabadikan oleh Google Doodle hari ini.***
 
 
 

Editor: Feby Syarifah

Sumber: jogjaprov.go.id visitgarut.garutkab.go.id


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x