Bukan Wanita Penggoda, Teks Arab Abad Pertengahan Gambarkan Sosok Cleopatra Sebenarnya

- 4 Agustus 2020, 05:05 WIB
Teks yang hilang menyinari cahaya baru tentang Cleopatra. (Getty Images) /

GALAMEDIA - Penguasa terakhir Kerajaan Ptolemeus Mesir mungkin adalah salah satu yang paling terkenal dari semua firaun, tetapi makamnya tidak pernah ditemukan dalam 2.000 tahun sejak kematiannya.

Namun, arkeolog Kathleen Martinez meyakini telah menentukan lokasinya, 30 mil di luar pusat kota Alexandria di lokasi yang dikenal sebagai Taposiris Magna.

Dia mengungkapkan selama serial Channel 5 'Perburuan untuk Makam Cleopatra' bagaimana dia telah menemukan 200 koin bertuliskan nama Cleopatra, patung kakek buyutnya dan mumi dari dua pejabat tinggi.

Coin Clepatra. (Getty Images)
Coin Clepatra. (Getty Images)

Selama acara, presenter dan sesama ahli Mesir Kuno Dr Glenn Godenho mengemukakan bagaimana terobosan dibuat dalam mempelajari lebih lanjut tentang penguasa kuno.

Dia mengatakan, "Meskipun informasi tentang Cleopatra langka, beberapa penemuan baru-baru ini tentang teks-teks yang dilupakan dan tidak dipublikasikan sedang menyinari cahaya baru pada Ratu."

Dia menjelaskan bagaimana Dr Okasha El Daly, ahli Mesir Kuno di University College London, mencari teks-teks Arab tetapi menemukan naskah dari sumber yang jauh lebih tua.

Dr El Daly berkata, “Ketika saya masih seorang mahasiswa di Universitas Kairo, itu membuat saya bertanya-tanya mengapa saya belajar profesor emeritus yang hebat di Barat."

“Yang mengejutkan saya, ada ratusan manuskrip yang tidak pernah diterbitkan atau dipelajari dengan baik."

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X