Solusi Lupa Membaca Niat Puasa Ramadhan pada Malam Hari Menurut Buya Yahya, Simak Penjelasannya

- 30 Maret 2023, 21:08 WIB
Buya Yahya memaparkan solusi lupa niat puasa Ramadhan saat malam hari.
Buya Yahya memaparkan solusi lupa niat puasa Ramadhan saat malam hari. /Tangkap layar YouTube Al-Bahjah TV/

GALAMEDIANEWS – Lupa membaca niat puasa Ramadhan saat malam hari? Begini cara mengatasinya agar tetap bisa mengerjakan puasa Ramadhan pada hari tersebut dan puasa yang dikerjakan tetap sah dan tidak batal.

Membaca niat puasa Ramadhan harus dilakukan pada malam hari dan sesuai dengan mazhab syafi'i yang banyak dianut umat muslim di Indonesia, bahwasanya jika niat tidak dibaca pada malam hari mulai maghrib hingga sebelum subuh, maka puasa Ramadhan yang dikerjakan tidak akan sah.

Lantas bagaimana jika terlupa dan tidak membacanya saat malam hari? Apakah bisa tetap mengerjakan puasa Ramadhan pada hari tersebut tanpa melakukan Qadha puasa Ramadhan?

Untuk bisa menemukan jawabannya, maka simak uraian pada artikel ini dari awal hingga akhir dan jangan sampai terlewat agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Baca Juga: BOCORAN Boruto Bagian 2 Ungkap Detail yang Mengecewakan

Kewajiban Membaca Niat Puasa Ramadhan pada Malam Hari

Sebagaimana dijelaskan Imam Nawawi Al-Bantani dalam kitab Kasyifatus Saja, bahwasanya waktu membaca niat puasa wajib seperti puasa Ramadhan harus dilakukan setiap malam karena puasa dalam tiap-tiap harinya merupakan satu ibadah tersendiri.

Rasulullah SAW juga bersabda bahwa jika seseorang tidak berniat puasa wajib pada malam hari. maka sesungguhnya ia tidak dapat berpuasa.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: YouTube Al - Bahjah TV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x