Yuk, Kita Mengenal Ta'aruf dan Batasannya

- 4 Agustus 2020, 13:03 WIB
/

GALAMEDIA - Mahluk hidup diciptakan Allah berpasang-pasangan, tak terkecuali manusia. Menikah merupakan cara Allah mempasangkannya mahluk-Nya, seperti kata pepatah kalo jodoh gak akan kemana. Meskipun itu jauh maka akan didekatkan, begitupun dekat akan dimudahkan.

islam mengatur umatnya bagaimana mengenal satu sama lain dengan lawan jenis. Taaruf merupakan salah satu cara yang diajarkannya, belakangan ini banyak dibicarakan karena sepasang selebritis yang menikah yang dengan cara taaruf. Lalu apa itu taaruf?

Banyak yang salah paham taaruf dan pacaran secara islami. Padahal hal itu merupakan hal yang berbeda, dalam Islam tidak ada yang namanya pacaran yang identik dengan berdua-duaan dengan non muhrim dan hal lainnya. Taaruf memiliki tata cara dan batasan-batasannya. Seperti:

Baca Juga: 1.120 Pasien di Secapa AD yang Negatif Berdasarkan Tes Swab, 118 Orang yang Masih Positif

Menjaga pandangan mata dan hati dari perkara yang diharamkan

“Dari mata turun ke hati” maka jagalah pandangan kita dari hal – hal yang bisa membangkitkan hawa nafsu, jangan biarkan hal itu menyelimuti diri kita karena merasa berada dalam cara yang Islami dan membiarkan penglihatan dan hati bebas berkeliaran.

Pembicaraan tidak mengandung dosa dan bermuatan seksual

dalam memilih pembicaraan harus berhati-hati, pilihlah topik yang menarik sehingga bisa berjalan dengan lancar. Hindari pembicaraan membicarakan keburukan orang lain, menyombongkan diri sendiri bahkan tentang hal yang bermuatan seksual. Dari pembicaraan itu kita bisa menilai bagaimana tentang lawan bicara kita.

Tidak melakukan Khalwat

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X