Ledakan Bom di JW Marriott Tewaskan 12 Orang dan Lukai 150 Orang , Pada 5 Agustus 2003

- 5 Agustus 2020, 06:45 WIB
Pemboman Hotel JW Marriot Jakarta, 5 Agustus 2003. (foto: wallstreetjournal) /


GALAMEDIA - Di berbagai belahan dunia, banyak peristiwa penting terjadi pada tanggal 5 Agustus, dari tahun ke tahun. Tak sedikit dari peristiwa itu menjadi cacatan sejarah penting bagi perjalanan hidup manusia.

Berikut sejumlah peristiwa penting di tanggal 5 Agustus, yang dirangkum Galamedia dari wikipedia.org:

1100
Henry I dari Inggris (1068/1069 - 1 Desember 1135) adalah Raja Inggris dari 5 Agustus 1100 hingga kematiannya pada tahun 1135. Henry mungkin lahir di Selby, Yorkshire. Ia adalah anak ketiga William I sang Penakluk dan Ratu Mathilda dari Flandria.

Ia menjadi raja saat saudaranya William II tewas di sebuah perburuan. Sebagai raja, Henry I mencoba membuat reformasi sosial. Ia mengeluarkan Piagam Kebebasan yang dianggap sebagai pendahulu Magna Carta. Ia mengembalikan beberapa hukum Edward sang Pengaku.

Henry memiliki 2 anak dari permaisurinya, yaitu Matilda dan William Adelin. Henry meninggal pada tahun 1135 saat mengunjungi puteri dan cucunya di Normandia. Setelah kematiannya, anak perempuannya Matilda dan keponakannya Stephen berseteru memperebutkan hak untuk menjadi Raja atau Ratu Inggris.

Sengketa ini akhirnya dapat diselesaikan setelah Stephen menunjuk anak Matilda, Henry Plantagenet, sebagai ahli warisnya pada tahun 1153.

Baca Juga: Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20 Bikin Ngiler, Meluncur 5 Agustus 2020

1947
Berakhirnya Agresi Militer I Belanda. Nama Agresi Militer Belanda I adalah operasi militer Belanda di Jawa dan Sumatera terhadap Republik Indonesia yang dilaksanakan dari 21 Juli 1947 sampai 5 Agustus 1947.

Operasi Produk merupakan istilah yang dibuat oleh Letnan Gubernur Jenderal Johannes van Mook yang menegaskan bahwa hasil Perundingan Linggarjati pada tanggal 25 Maret 1947 tidak berlaku lagi.

Operasi militer ini merupakan bagian dari Aksi Polisionil yang diberlakukan Belanda dalam rangka mempertahankan penafsiran Belanda atas Perundingan Linggarjati.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X