Usai Sholat Jumat, Jemaah Dianjurkan Membaca Wirid Ini

- 7 Agustus 2020, 06:20 WIB
Ilustrasi. /

GALAMEDIA - Usai sholat Jumat, jemaah dianjurkan untuk membaca surah Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan Al-Nas masing-masing sebanyak tujuh kali. Anjuran ini berdasarkan riwayat Ibnu Sunni dari Sayidah Aisyah, dia berkata bahw Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Barangsiapa setelah selesai sholat Jumat membaca surah Al-Ikhlas, surah Al-Falaq, surah Al-Nas sebanyak tujuh kali, maka Allah menjaganya dari keburukan hingga Jumat berikutnya."

Menurut para ulama, wirid di atas harus dibaca sebelum mengubah posisi duduk dari tasyahud akhir dan sebelum pindah tempat. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Nawawi dalam kitab Kasyifatus Saja berikut:

Dalam hadist disebutkan bahwa barangsiapa setelah salam dari sholat Jumat sebelum mengubah posisi kakinya membaca Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan Al-Nas masing-masing sebanyak tujuah kali, maka dosa yang lalu dan akan datang diampuni.

Meski demikian, membaca wirid setelah sholat Jumat di rumah atau saat berjalan tetap diperbolehkan dan dianjurkan, hanya saja pahala yang didapat tidak sempurna sebagaimana dibaca setelah salam dari sholat Jumat sebelum mengubah poisis kaki.

Ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Yusuf Al-Nabhani dalam kitab Sa’adatud Darain berikut:

Kesunnahan membaca wirid sebanyak tujuh kali dan zikir-zikir tidak gugur disebabkan berbicara atau pindah tempat. Iya, hanya saja pahala khususnya gugur meskipun dengan mengubah posisi arah kanannya pada makmum. Sebagian ulama berkata, pahalanya tidak gugur tapi hanya kesempurnaan pahalanya saja.

Wallahu a'lam.

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X