Startup asal Jepang Tawarkan Masker Pintar Bisa Terjemahkan Bahasa Indonesia

- 7 Agustus 2020, 08:07 WIB
Masker pintar. /


GALAMEDIA - Donut Robotics, sebuah Startup asal Jepang  menciptakan masker pintar di kala pandemi Covid-19. Masker ini memiliki teknologi mumpuni dan dilengkapi dengan fitur mulai dari pengenalan suara, hingga mampu menerjemahkan bahasa ke dalam delapan bahasa berbeda.

Inovasi ini muncul untuk menjawab gaya hidup orang-orang yang tak lepas dari penggunaan masker di kala pandemi Covid-19. Topeng bernama C-Face-Smart ini dibanderol dengan harga 30 - 40 dolar AS atau berada di kisaran Rp 400 ribu - 600 ribu.

Apabila terhubung dengan aplikasi khusus masker C-Face-Smart bisa memperkuat suara pengguna hingga menyalin pembicaraan ke dalam bentuk teks.

Baca Juga: Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman Disebut-sebut Bawa Tim Pembunuh ke Kanada

Akan tetapi, masker ini bukanlah masker yang digunakan untuk melindungi pengguna dari Covid-19. Masker ini didesain untuk digunakan dibalik masker yang melindungi orang dari penularan Covid-19.

CEO Donut Robotics, Taisuke Ono mengatakan masker ini memiliki bahan dasar silikon dan plastik. Mikrofon telah tertanam di masker dan mampu terhubung ke ponsel melalui Bluetooth.

Masker ini ini dapat menerjemahkan bahasa Jepang dan Cina, Korea, Vietnam, Indonesia, Inggris, Spanyol, dan Prancis.

Baca Juga: Soal Obat Covid-19, Kemenristek Ingatkan: Obat yang Salah Bisa Jadi Racun dan Berbahaya

Chip bluetooth di dalam masker  dapat terhubung ke telepon pintar dengan jarak maksimal 10 meter. Onno berharap masker itu akan membuat penerapan physical distancing lebih efektif, tanpa harus mengurangi kualitas komunikasi.

"Kita masih memiliki banyak situasi di mana kita harus bertemu langsung," katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X