Ini Dia Landasan Hidup Agar Menjadi Hamba yang Bahagia Menurut Islam

- 7 Agustus 2020, 14:39 WIB
Ilustrasi Islam. //Unsplash

GALAMEDIA - Islam tidak hanya mengajarkan bagaimana hubungan dengan ibadah kepada Allah tapi juga dalam segala aspek kehidupan. Karena agama merupakan hukum atau pedoman dan sumber dari segala sumber manusia bagaimana menjadi hamba yang taat kepada Allah  dan bagaimana berhubungan baik dengan sesama mahluk.

Berikut merupakan modal utama sebagai manusia agar bahagia dunia dan akhirat seperti dibeutkan Drs. Mukhlis Denros  dalam bukunya, Memanusiakan Manusia:

Iman
Diibaratkan seperti pohon,semakin dalam akarnya semakin kuat pula keimanannya sehingga tidak mudah goyah seberapa keras angin menerjang. Karena iman merupakan modal dasar untuk hidup manusia, seberapa banyak cobaan kehidupan mereka akan tetap mampu bertahan karena iman yang tertanam dalam dirinya begitu kuat.

Baca Juga: Tuding Sebar Kebohongan, Kini Giliran Hadi Pranoto Laporkan Muannas Alaidid ke Polda Metro Jaya

Sebuah ilmu jika tidak dilandasi iman akan mencetak manusia pintar namun akan menjadi manusia perusak. Karena ilmunya tidak digunankan dengan semestinya dan lebih mendewakan logika.

Seseorang yang memiliki ilmu, akhlak yang baik dan amal yang baik namun tidak memiliki Iman maka Rohaninya akan merasa kosong dan jiwa nya terasa hampa, bisa melakukan sesuatu yang tidak terbayang seperti pembunuhan atau bunuh diri.

Maka dari itu kita harus menanamkan iman sedini mungkin dengan beribadah kepada Allah agar tehindar dari kekosongan hati.

Baca Juga: Melalui Program Bedah Rumah Pusdikkav, Rumah Maman Suherman Kini Layak Dihuni

Ilmu
Namun jika seseorang memiliki iman yang kuat tanpa  ilmu maka kehidupannya akan tidak selaras. Maka sebab itu Allah memerintah kepada hambanya untuk menuntut ilmu untuk kehidupan dunia dan akhirat sebagaimana disebutkan dalam hadits nabi

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X