Rasulullah Ungkap Empat Jenis Perempuan Penghuni Neraka

- 8 Agustus 2020, 04:10 WIB
Ilustrasi wanita. /


GALAMEDIA - Manusia diciptakan dengan berpasang-pasangan. Dalam mengarungi bahtera rumah tangga, pasangan suami istri akan menempatkan posisinya masing-masing.

Seorang suami sebagai kepala rumah tangga bertanggung jawab atas segala kebutuhan keluarganya. Termasuk mendidik dan masih banyak lagi.

Begitu pula perempuan sebagai seorang istri mempunyai kewajiban-kewajiban khusus, seperti taat kepada suami, menjaga martabat suami dan sebagainya.

Walaupun tugas seorang istri terbilang lebih ringan dari seorang suami, potensi perempuan masuk surga cukup gampang. Sebagaimana yang dikatakan dalam kitab Irsyadul Ibad Ila Sabili ar-Rasyad (h-90):

"Dan pantas bagi perempuan yang takut kepada Allah agar bersungguh-sungguh dalam taat kepada Allah dan taat kepada suaminya dan mencari ridonya suaminya maka itulah surga dan nerakanya (perempuan)."

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa kunci surga bagi perempuan adalah taat kepada Allah dan taat kepada suami. Selain itu perempuan harus berusaha mendapatkan keridoan suaminya.

Walaupun demikian ternyata ada empat perempuan yang menjadi penghuni neraka. Sebagaimana hadis yang kutip oleh Syekh Zainudin bin Abdul Aziz dalam kitab Irsyadul Ibad Ila Sabili Ar-Rosyad (h-89).

"Dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda sesungguhnya empat perempuan yang menjadi penghuni neraka (yaitu) perempuan yang mengumbar kejelekan suaminya ketika suaminya tidak ada, dan ketika di depan suaminya ia menyakiti dengan ucapannya, dan perempuan yang menyuruh suaminya untuk melakukan sesuatu yang dia (suaminya) tidak mampu mengerjakannya, dan perempuan yang keluar yang tidak menutup auratnya dari laki-laki lain dan ia bersolek dan mengenakan pakaian yang paling paling megah, dan perempauan yang hanya makan, minum dan tidur tanpa adanya keinginan untuk salat, taat kepada Allah dan rasulNya dan taat kepada suaminya."

Hadis tersebut menjelaskan bahwa ada empat perempuan (istri) yang menjadi penghuni neraka:

Pertama, perempuan yang suka mengumbar kejelakan suaminya di belakangnya, dan menyinggung perasaan suaminya dengan kata-kata yang tidak pantas.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X