Longsor dan Banjir di China Tewaskan ‎1.400 Orang Pada 8 Agustus 2010

- 8 Agustus 2020, 07:37 WIB
Petugas melakukan pencarian korban akibat longsor dan banjir besar di Gansu, China, 8 Agustus 2010 silam. (Ng Han Guan/AP Photo) /

GALAMEDIA - Di berbagai belahan dunia, banyak peristiwa penting terjadi pada tanggal 8 Agustus, dari tahun ke tahun. Tak sedikit dari peristiwa itu menjadi catatan sejarah penting bagi perjalanan hidup manusia.

Berikut sejumlah peristiwa penting di tanggal 8 Agustus, yang dirangkum Galamedia dari wikipedia.org:

1929
Kapal udara milik Jerman, Graf Zeppelin, memulai perjalanannya keliling dunia pada 8 Agustus 1929. Perjalanan pertamanya dimulai dari Lakehurst, New Jersey, Amerika Serikat (AS) dan mendarat di Friedrichshafen, Jerman.

Graf Zeppelin lantas terbang ke Jepang dan kemudian melintasi Samudra Pasifik untuk menuju Los Angeles, AS. Setelah menempuh perjalanan panjang selama 12 hari 11 jam, Graf Zeppelin mendarat di lokasi awal pemberangkatannya di Lakehurst, New Jersey, AS.

Baca Juga: 14 Orang Dinyatakan Tewas, Pesawat Air India Express Terbelah Dua Saat Mendarat

1945
Uni Soviet mendeklarasikan perang terhadap Jepang pada 8 Agustus 1945. Setelah melakukan deklarasi, Uni Soviet mulai melancarkan serangan ke wilayah kekuasaan Jepang di Manchuria, Mongolia Dalam, Sakhalin, Kepulauan Kuril, dan Korea.

Invasi Soviet ke Manchuria dikenal juga dengan Operasi Ofensif Strategis Manchuria. Uni Soviet berhasil memenangkan salah satu bagian dari Perang Dunia II. Hasilnya, adanya pembagian Semenanjung Korea untuk Soviet.

1967
Pada 8 Agustus 1967, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand bersepakat membentuk Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara). ASEAN diresmikan berdiri di Bangkok, Thailand.

Salah satu tujuan didirikannya ASEAN yakni untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan di Asia Tenggara serta meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional. Kala itu, Indonesia diwakili oleh Adam Malik.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X