Mengenal Beberapa Jenis Makanan yang Pernah Disantap Rasulullah

- 10 Agustus 2020, 04:05 WIB
Bubur Talbinah. /


GALAMEDIA - Mungkin kita hanya mengenal kurma, gulai kambing dan roti ketika berbicara mengenai makanan di zaman Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

Sebenarnya banyak jenis makanan di masa itu yang diungkapkan dalam hadist.

At-Tsariid

At-Tsariid masakan yang dibuat dari campuran sayuran dan daging dan dicampur dengan roti gandum yang dipotong-potong. Rasanya gurih dan kuahnya kental.

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam disebut-sebut sangat menyukai makanan ini, hingga beliau pernah menganalogikan bahwa keutamaan Aisyah dibandingkan perempuan lain, layaknya nikmatnya tsariid dibanding makanan yang lain.

Hadis tersebut diriwayatkan oleh Abu al-Hasan al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda:

"Lelaki yang sempurna itu banyak. Tapi yang sempurna dari perempuan tidak banyak, kecuali Maryam binti ‘Imran dan Asiyah istri Fir’aun. Dan kelebihan Aisyah dibanding perempuan yang lain seperti enaknya Tsariid dibanding makanan yang lain." (Muttafaqun ‘Alaih)

Menurut Imam An-Nawawi, penyamaan tsariid dengan Aisyah terletak dari sisi sopan santun dan manisnya beliau dalam berbicara, lugas, cerdas, sehingga membuat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sendiri merasa senang layaknya beliau begitu menyukai tsariid yang lezat.

At-Talbinah

Makanan ini pernah disebut-sebut dalam salah satu riwayat hadis Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. At-Talbinah pernah disarankan oleh Aisyah Ra untuk dihidangkan untuk keluarga yang baru saja ditinggal wafat oleh salah seorang keluarganya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X