Hasil Tes, Jenis Masker Ini Kurang Efektif Melindungi Diri dari Covid-19

- 11 Agustus 2020, 09:27 WIB
14 jenis masker yang di uji coba oleh peneliti dari Duke University.* //New York Post

GALAMEDIA - Sejak pandemi Covid-19 berlangsung, warga dunia pun jadi akrab dengan masker. Penggunaan alat pelindung diri ini diyakini bisa membantu mencegah penyebaran Covid-19.

Di Indonesia, beragam masker pun bermunculan di tengah langkanya masker medis. Masker dari kain disebut bisa menjadi alternatif sehingga banyak orang berpindah haluan. Belakangan ini, masker dari beragam bahan dengan model ala warga +62 pun makin marak.

Meski begitu, kita harus benar-benar teliti saat menggunakan masker. Pasalnya, berdasarkan sebuah tes sederhana yang dilakukan, tidak tidak semua masker memiliki efektivitas yang sama dalam memberikan perlindungan di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Ada Penembakan di Luar Gedung Putih, Trump Langsung Dievakuasi dari Ruangan Jumpa Pers

Sebuah tes dilakukan oleh tim peneliti dari Duke University terhadap berbagai variasi masker. Tes dilakukan untuk melihat jenis masker apa saja yang dapat menghentikan droplet dari mulut penggunanya.

"Kami mengonfirmasi bahwa ketika orang-orang bicara, droplet berukuran kecil akan keluar," ujar salah satu peneliti sekaligus ahli kimia dan fisika, Martin Fischer, Senin, 10 Agustus 2020.

"Sehingga penyakit (Covid-19) bisa disebarkan melalui berbicara, tanpa batuk atau bersin," sambung dia seperti dilansir WebMD.

Dijelaskan, dalam tersebut tim peneliti hanya menggunakan beberapa alat sederhana. Mulai dari sebuah kotak, sebuah laser, sebuah lensa, dan sebuah kamera ponsel.

Baca Juga: Israel Bombardir Pos Pengamatan Hamas di Jalur Gaza Gara-gara Balon

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X