Ini Saran Ahli Gizi Untuk Turunkan Berat Badan Sampai 8 kg dalam Sebulan

- 11 Agustus 2020, 19:48 WIB
Ilustrasi diet. /Pixabay/Gerd Altmann/


GALAMEDIA - Di masa pandemi Covid-19 (virus corona) ini, mungkin banyak orang bermasalah dengan berat badan. Soalnya banyak orang jarang melakukan aktivitas di luar rumah sehingga berat badannya pun melonjak naik.

Namun seorang spesialis gizi, Dr Cut Hafiah menyatakan menurunkan berat badan 8 kg dalam waktu sebulan bukan hal mustahil. Tapi syaratnya, semua dijalankan dengan disiplin.

"Kalau berdasarkan literatur, penurunan berat badan yang sehat adalah 4-8 kg per bulan. Tapi kalau pasiennya patuh dan niat untuk diet, biasanya dia bisa turun 2 kg dalam waktu satu pekan. Jadi, kurang lebih dalam waktu satu bulan, 8 kg bisa tercapai," ujar Dr Cut Hafiah, saat virtual launching slimming program D8 dari Skyn Clinic, baru-baru ini.

Baca Juga: Menkeu Sri Mulyani Beri Subsidi Bunga Pinjaman Hingga 6 Persen

Untuk mendapatkan berat badan yang diidamkan, salah satu kuncinya, menurut Dr Cut Hafiah, adalah disipilin. Selain itu, kuatkan tekad dan tanam di pikiran bahwa diet adalah sebuah tugas yang menyenangkan, bukan menyiksa.

"Diet adalah sesuatu yang menyenangkan, diet sehat. Kita bantu juga dengan teknik estetika yang lain, sama obat-obatan juga, semangat juga untuk turun berat badannya," lanjut dia.

Setelah itu, kita perlu melakukan analisa dari berbagai sudut. Misalnya, soal riwayat penyakit, serta kebiasaan makan.

Baca Juga: Pertama di Dunia, Vaksin Covid-19 Rusia Telah Disetujui, Ujicoba Dilakukan ke Putri Presiden Putin

"Analisis asupan kebiasaan makannya. kebiasaan makannya apakah snacking-nya berlebihan atau dari segi makan utamanya, dianalisis dari segi gizinya. Lalu diperbaiki di situ," ujarnya.

Jadi, sebelum menjalani program diet, harus dikonsultasikan dulu dengan ahli gizi untuk mendapat arahan agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Dan ingat, harus dikonsultasikan secara berkala.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X