Disbudpar Jabar terus genjot potensi wisata Gunung Kramat Cisolok Sukabumi

- 12 Agustus 2020, 15:30 WIB
Kabid Destinasi Pariwisata Disparbud Jabar, Iwan Priyatna tengah menyaksikan atraksi paralayang di Gunung Kramat, Cisolok Kabupaten Sukabymi /Rio Rizky Batee/


GALAMEDIA - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat terus menggali potensi wisata di wilayah Jawa Barat. Salah satunya potensi wisata yang ada di Gunung Karamat Cisolok Kabupaten Sukabumi.

Kabid Destinasi Pariwisata Disparbud Jawa Barat, Iwan Priyatna mengatakan, potensi Gunung Karamat Cisolok Kabupaten Sukabumi mempunyai Daya Tarik Wisata (DTW) alam dan ekowisata kebun Kopi.

"Daya Tarik Wisata tersebut akan dikembangkan menjadi berbagai macam aktivitas wisata, seperti track sepeda downhill, camping ground, offroad, Paralayang, dan ekowisata kebun kopi," ungkapnya disela Kegiatan Pembukaan DTW Paralayang di Gunung Karamat dan kunjungan ke Wisata Budaya Kampung Adat Cipta Mulya Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Rabu 12 Agustus 2020.

Baca Juga: Kresna Life Buka Dialog Seluas-luasnya dengan Nasabah

Menurut Iwan, untuk pengembangan tahap awal, pemerintah provinsi maupun daerah melakukan kegiatan observasi daya tarik wisata Paralayang di Desa Gunung Karamat Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Kegiatan itu memperkerjakan sekitar 75 orang warga setempat dalam program padat karya.

"Untuk pembukaan daya tarik wisata di daerah ini, dilibatkan juga warga sekitar dalam padat karya. Ini juga merupakan salah satu program kita untuk recovery pandemi Covid-19," terangnya.

Dikatakannya, terdapat banyak potensi pengembangan Daya Tarik Wisata di Gunung Karamat seperti paralayang, keindahan alam dan ekowisata. Selain itu, kondisi klimatologi dan isu lahan serta perbatasan kawasan, juga potensi yang harus digali dan dikembangkan.

Baca Juga: Robert Jamin para Pemainnya Tidak Akan Mengalami Kejenuhan

Namun diakui Iwan, saat ini potensi yang ada di Gunung Karamat, belum dikembangkan secara komprehensif. Terlebih Gunung Karamat mempunyai potensi unik untuk pecinta wisata alam, khususnya penggemar Paralayang.

"Ini belum sepenuhnya dikembangkan. Gunung Karamat memiliki potensi yang cukup unik, potensi untuk Paralayang. Uniknya dimana saat musim angin Selatan, ini masih dapat digunakan untuk terbang (paralayang),"terangnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X