Tips Ilmiah Hasil Penelitian, Gambari Bokong Ternak dengan Mata Palsu agar Tak Dimangsa Hewan Liar

- 13 Agustus 2020, 15:18 WIB
DailyMail /

GALAMEDIANEWS - Menggambari bagian belakang sapi dengan sapuan menyerupai mata ternyata dapat membantu melindunginya dari serangan singa dan macan tutul. Terdengar kocak, tapi demikian hasil sebuah studi terbaru.

Para ilmuwan Universitas New South Wales di Australia yang melakukan penelitian di wilayah Okavango Delta Botswana menemukan fakta bahwa ternak dengan gambar  mata di bagian bokong memiliki kesempatan hidup lebih besar, utamanya terhindari  dari ancaman predator.

Penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah Nature itu sekarang terbukti dapat menjadi cara yang hemat biaya dalam mengurangi jumlah ternak akibat dimangsa singa di perdesaan.

Menurut penelitian, melihat sepasang mata  menciptakan ilusi pada pemangsa jika mereka telah terlihat oleh calon korban dan ini menghalangi mereka untuk mendekat.

Dalam studi empat tahun mereka, para ilmuwan total menggambari 2.061 hewan  yang dikembangbiakkan secara bebas di antara 14 kawanan di wilayah Delta yang rentan serangan singa.

Sepertiga ternak mendapat gambar mata buatan di bagian belakang, sepertiga bertanda silang dan sepertiga sisanya dibiarkan tanpa tanda apa pun.

Peneliti melakukan 49 sesi pengecatan sebelum melepaskan sapi dari kandang berpagar semalaman dan memeriksa apakah penandaan tersebut membantu menangkal predator.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X