The Power of Tahajud, dan Rasakan Manfaatnya

- 28 Agustus 2020, 16:40 WIB
Ilustrasi Sholat.
Ilustrasi Sholat. /

GALAMEDIAAssalammu’alaikum Wr.Wb

 “Dan pada Sebagian malam hari, bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat engkau ke tempat yang terpuji.” (Q.S Al-Isra:79)

Firman Allah tersebut menggambarkan bagaimana kedudukan sholat Tahajud di sisi Sang pencipta. Secara tersirat, Allah memberikan tingkatan derajat yang lebih tinggi dari pada orang-orang yang tidak melaksanakannya. Memang, sholat Tahajud tidaklah di wajibkan, tetapi hukumnya Sunah Muakad (sunnah yang sangat dianjurkan). Rugi rasanya jika selama hidup jarang melakukan sholat Tahajud.

Jika menelusuri kapan tahajud ini diperintahkan, kita pasti dibuat takjub. Tepatnya sekitar 15 abad yang lalu. Di mana waktu itu akhlak bangsa Arab berada di titik terendah sebelum diluruskan oleh Rasulullah Saw. pada zaman itu, belum ada teknologi apapun, belum ada ada penelitian satu pun, tapi Rasulullah sudah mengajarkan dan mengajurkan amalan luar biasa ini.

Baca Juga: Menkeu Sri Mulyani Sebut Rendahnya 'Nongrongtivitas' Masyarakat Berpengaruh Negatif Terhadap Ekonomi

Keutamaan sholat Tahajud menurut buku “ Tahu Ga Sih Islam Itu Sehat? ­_ hal-231 _ oleh dr. Faza Khilwad Amna, MMR dan dr. Hendrik Okarisman” insyaAllah akan di dapatkan bagi orang-orang yang mau melaksanakannya. Yaitu di berikan tempat terpuji dan di muliakan di sisi Allah Swt. selain itu, manfaat yang sering di cari kebanyakan orang yaitu di-ijabah (dikabulkan) doa-doa yang di panjatkan.

Sepertiga malam adalah waktu mustajab untuk berdo, di mana Allah Swt beserta segenap malaikat-Nya langsung turun ke langit dunia dan mendengar serta mengabulkan segenap doa yang di panjatkan. Hal ini berdasarkan sebuah hadist shahih yang di riwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah Saw bersabda, “pada tiap malam Tuhan kami turun (kelangit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir.

Baca Juga: Presiden Jokowi Serahkan Langsung BSU Bagi Pekerja Peserta BPJAMSOSTEK

Ia berfirman,’Barang siapa yang menyeru-Ku akan Aku perkenankan permintaannya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” Selain manfaat tersebut, manfaat yang tak kalah dahsyatnya yaitu shalat Tahajud adalah sarana untuk ber-taqarrub ilallah (mendekatkan diri kepada Allah). Sepertiga malam adalah waktu yang sangat tepat untuk membina sebuah komunikasi dengan Sang Khaliq, sehingga akan terjalin sebuah rasa kedekatan antara kita dengan Allah.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X