Selain Tanaman Hias Daun Sirih Merah Juga Dapat Sembuhkan Berbagai Penyakit, Ini Manfaatnya

- 3 September 2020, 09:59 WIB
Daun sirih merah. Foto Ilustrasi
Daun sirih merah. Foto Ilustrasi /

GALAMEDIA - Tanaman hias yang digandrungi saat ini beragam macamnya. Ternyata, ada tanaman hias yang tidak hanya sebagai "hiasan" tapi juga berguna bagi kesehatan. Salah satunya sirih merah.

Daun sirih merah dipercaya memiliki khasiat yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Khasiat dari tanaman yang banyak digunakan sebagai obat tradisional ini disebabkan karena adanya senyawa aktif di dalamnya. 

Kandungan senyawa aktif itu, seperti dikutip dalam laman gooddoctor antara lain: Flavonoid, Alkaloid, Polifenolat, Tanin, Minyak Atsiri.

Senyawa flavonoid dan polifenolat bersifat antioksidan, anti diabetik, anti kanker, antiseptik, dan antiinflamasi. Sedangkan senyawa alkoloid mempunyai sifat antineoplastik yang ampuh menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh Manfaat Labu Siam, dari Anti Kanker Hingga Jaga Kolesterol

Kandungan lainnya
Senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun sirih merah juga memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang kuat dan dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri.

Beberapa jenis bakteri yang dipercaya mampu ditangani oleh khasiat daun sirih merah antara lain escherichia coli (bakteri e-coli), salmonella sp, staphylococcus aureus, klebsiella, pasteurella, dan dapat mematikan candida albicans.

Manfaat daun sirih merah
Secara tradisional dan menurut beberapa penelitian, daun sirih merah memiliki manfaat yang cukup banyak. Berikut beberapa di antaranya:

Baca Juga: Tanaman Hias Aglonema Banyak Dicari Masyarakat, Ternyata Ini Manfaatnya

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X