Manfaat Tanaman Hias Lidah Buaya, Mulai dari Sembuhkan Luka Bakar Hingga Turunkan Gula Darah

- 4 September 2020, 09:53 WIB
Tanaman Lidah Buaya
Tanaman Lidah Buaya /Pixabay

   
GALAMEDIA - Tanaman hias lidah buaya pasti sudah tak asing lagi didengar. Bahkan ada sebagian masyarakat yang membudidayakan tanaman ini. Ada juga yang menanamnya di halaman rumah atau menjadi hiasan di sebuah ruangan.

Seperti di ruamh Hj. Yati (67). Sejak dulu, tanaman hias itu sengaja ditanam di halaman rumahnya. Ia tahu bahwa banyak hasiat dari tanaman bernama aloe vera ini. Salah satunya untuk menyebuhkan luka bakar. 

"Kalau kecipratan minyak panas atau air panas, saya suka langsung memetik lidah buaya dan mengoleskan bagian dalamnya ke luka tersebut ," ujar Yati.

Ternyata, menyembuhkan luka bakar hanya salah satu dari beberapa manfaat lidah buaya. Tanaman ini dipercaya dapat membantu meredakan berbagai gangguan kesehatan. Meskipun, penggunaan lidah buaya bukanlah pengganti pengobatan dari dokter.

Baca Juga: Selain Tanaman Hias Daun Sirih Merah Juga Dapat Sembuhkan Berbagai Penyakit, Ini Manfaatnya

Ini dia manfaat lidah buaya bagi kesehatan seperti yang dikutip dari laman sehatq:
1. Membantu melancarkan pencernaan
Tanaman hias lidah buaya ini bisa dijadikan jus untuk membantu melancarkan pencernaan. Sebab, bagian luar lidah buaya mengandung antrakuinon yang memiliki efek pencahar. Meski demikian, tidak disarankan untuk mengonsumsinya terlalu banyak, serta tetap berhati-hati saat membersihkan dan mengolahnya.

2. Membantu penyembuhan luka bakar
Lidah buaya dapat digunakan sebagai obat oles pada luka bakar derajat satu dan derajat dua.Penyembuhan luka bakar menggunakan gel lidah buaya dipercaya dapat mempercepat proses regenerasi kulit.

3. Menjaga kesehatan rongga mulut
Pasta gigi dan obat kumur yang mengandung lidah buaya dapat membantu mengurangi plak penyebab gigi berlubang. Selain itu, penggunaan produk kebersihan rongga mulut yang mengandung lidah buaya, juga dapat mencegah infeksi jamur di rongga mulut, serta radang gusi.

Baca Juga: Mengenal 12 Tanaman Hias yang Lagi Viral di Tahun 2020

4. Mengatasi gejala GERD
Jus lidah buaya khususnya dapat membantu meredakan gejala GERD seperti mual, sendawa, serta nyeri ulu hati. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi lidah buaya secara berlebihan, dan tetap berhati-hati terhadap efek yang mungkin ditimbulkannya.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X