Renungan Pagi, Fisik Kita Mencerminkan Batin Kita, Sebab Ekspresi Ketaatan Menunjukkan Kemarifatan

- 11 September 2020, 07:51 WIB
ilustrasi
ilustrasi /pixabay


GALAMEDIA - Tidak ada hal yang dilakukan seorang hamba melainkan taat kepada segala aturan dan menjauhi segala larangan khalik-nya.

Seperti yang ditegaskan dalam Kitab Nasoihul Ibad karangan Syeikh Nawawi Al Bantani (1813-1897), barang siapa yang baik dalam ketaatannya kepada Allah maka dia akan terasing diantara manusia.

Artinya orang yang merasa cukup dengan menyibukkan seluruh waktunya untuk taat kepada Allah maka ia akan terasing diantara manusia.

Baca Juga: 11 September: Serangan ke Menara Kembar WTC di New York Tewaskan Sekitar 3.000 Orang

Dikatakan juga bahwa gerakan badan melakukan ketaatan kepada Allah adalah petunjuk tentang kemarifatan seseorang sebagaimana gerakan anggota badan menunjukkan/sebagai dalil adanya kehidupan di dalamnya.

Artinya, bahwa ekspresi ketaatan seorang hamba dalam menjalankan perintah Allah maka yang demikian itu adalah petunjuk/dalil kemarifatannya kepada Alah.

Apabila banyak amal taat maka menunjukkan bahwa banyak pula marifatnya kepada Allah dan apabila sedikit taat, maka menunjukkan pula sedikit marifat, karena sesungguhnya apa yang lahir merupakan cermin dari apa yang ada di dalam batin. Wallahualam.***

 

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X