Cek Fakta: Benarkah Melahirkan Anak Kedua Lebih Mudah dari Anak Pertama?

- 15 September 2020, 15:49 WIB
ilustrasi ibu melahirkan /


GALAMEDIA - Banyak ibu yang berpendapat bahwa melahirkan anak kedua lebih mudah karena mereka sudah pernah menjalani hal yang sama sebelumnya. Tapi, apa benar seperti itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini seperti yang dilansir dalam laman hellosehat.com.

Apakah melahirkan anak kedua lebih mudah?
Bisa ya atau tidak. Susah gampangnya seorang ibu melahirkan anak kedua akan dipengaruhi oleh beberapa alasan. Misalnya:

1. Sudah berpengalaman melahirkan
Seorang ibu yang sudah pernah melahirkan anak pertama sudah paham benar bagaimana proses melahirkan. Ini membuat mereka lebih merasa percaya diri untuk menghadapi persalunan selanjutnya, karena juga sudah tahu apa-apa saja yang diharapkan dan harus dipersiapkan lebih matang.

Baca Juga: Tega, Orangtua Aniaya Anaknya Hingga Tewas Gara-gara Susah Ikuti Pelajaran Daring

Memiliki pengalaman melahirkan sebelumnya juga menjadi kesempatan bagi ibu belajar dan memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan. Misalnya, sekarang Anda jadi tahu bagaimana cara mengejan yang benar dan mana yang salah untuk melahirkan anak. Atau, makanan apa yang boleh dan tidak boleh dimakan sebelum serta setelah persalinan.

Bukan hanya itu, rahim Anda juga telah menyesuaikan diri untuk menghadapi persalinan dengan lebih baik dari sebelumnya. Semua otot, jaringan, dan tulang yang sudah pernah meregang dapat kembali meregang dengan cepat dan mudah sehingga membuat bayi lebih mudah lahir.

2. Paham akan gejalanya
Ketika melahirkan untuk pertama kalinya, biasanya ibu akan dihadapkan oleh emosi yang campur aduk — waswas, takut, ragu, dan sebagainya. Ini lebih disebabkan oleh ketidaktahuan mereka tentang bedanya kontraksi palsu dan asli.

Baca Juga: Berkaca pada Kasus Syekh Ali Jaber, Tujuan Agama adalah Menyebarkan Perdamaian dan Kasih Sayang

Makanya, banyak yang langsung buru-buru datang ke rumah sakit begitu kontraksi perdana terjadi, meski belum tentu itu pertanda melahirkan yang benar. Hal ini biasanya menyebabkan proses persalinan memakan waktu lama.

Bagi ibu yang melahirkan untuk kedua kalinya, mereka lebih tahu seperti apa gejala kontraksi asli dan dapat memprediksi kapan akan terjadi sehingga proses melahirkan bisa lebih cepat.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X