Peristiwa 16 September: Stadion Teladan Medan Ambruk Hingga Pembantaian Sabra dan Shatila

- 16 September 2020, 07:34 WIB
Pemeliharaan rumput di Stadion Teladan Medan. (pemkomedan.go.id) /

GALAMEDIA - Di berbagai belahan dunia, banyak peristiwa penting terjadi pada tanggal 16 September, dari tahun ke tahun. Tak sedikit dari peristiwa itu menjadi catatan sejarah penting bagi perjalanan hidup manusia.

Berikut sejumlah peristiwa penting di tanggal 16 September, yang dirangkum Galamedia dari wikipedia.org:

1953
Stadion Teladan adalah salah satu stadion terkenal di Indonesia, kandang klub sepak bola PSMS Medan. Stadion ini terletak di Teladan Barat, Medan Kota dengan kapasitas sekitar 20.000 penonton.

Stadion Teladan dibangun mulai tahun 1951 dan selesai pada tahun 1953 menjelang Pekan Olahraga Nasional III.

Pada 16 September 1979, Stadion Teladan Medan ambruk karena luapan penonton konser Adi Bing Slamet. Saat ini stadion sedang dikembangkan agar bisa menampung 40.000 penonton.

Baca Juga: Catat, Ini Dia Daftar Bandara yang Mematok Biaya Rapid Test Murah

1975
16 September 1975, Papua Nugini menyatakan kemerdekaannya dari Negara Australia. Papua Nugini atau Papua Guinea Baru adalah sebuah negara yang terletak di bagian timur Pulau Papua dan berbatasan darat dengan Provinsi Papua (Indonesia) di sebelah barat.

Ibu kotanya yaitu Port Moresby. Papua Nugini merupakan salah satu negara yang paling bhinneka di Bumi, dengan lebih dari 850 bahasa lokal asli, dengan populasi yang tidak lebih dari 6 juta jiwa.

Papua Nugina adalah negara yang paling sedikit dijelajahi, secara budaya maupun geografis. Banyak jenis tumbuhan dan binatang yang belum ditemukan diduga ada di pedalaman Papua Nugini.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X