Mencuci Buah dan Sayur Menggunakan Sabun, Amankan? Ini Panduannya yang Wajib Diketahui

- 16 September 2020, 12:47 WIB
Mencuci buah dan sayur menggunakan sayur, amakan? /alodokter

GALAMEDIA - Di musim pandemi ini tidak hanya tangan yang harus bersih, tapi juga makanan. Sebelum makan apapun kita dianjurkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun.

Tidak sedikit orang yang menggunakan sabun juga untuk mencuci buah dan sayur. Mereka beranggapan bahwa sabun dapat menghilangkan bakteri dan pestisida yang mungkin menempel pada permukaannya. Namun, apakah aman jika buah dan sayur dicuci menggunakan sabun?

Buah dan sayur mengandung beragam vitamin, mineral, dan zat lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Rutin mengonsumsi buah dan sayur dapat menjaga berat badan ideal, menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah normal, serta menurunkan risiko terkena berbagai penyakit.

Baca Juga: Terkubur 125 Juta Tahun, Sepasang Dinosaurus Ditemukan Petani China dalam Kondisi Sempurna

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, menjaga kebersihan buah dan sayur sebelum dikonsumsi tidak kalah pentingnya.

Dalam laman alodokter.com disebutkan, sebelum diolah dan dikonsumsi, buah dan sayur perlu dicuci dengan cara yang tepat. Pasalnya, pupuk organik yang digunakan sebagai penyubur tanaman bisa saja mengandung kuman dan bakteri yang kemudian menempel pada permukaan kulit buah dan sayur.

Selain itu, sisa-sisa zat kimia pada proses penanaman, seperti pestisida, juga dapat menempel pada permukaan kulit buah dan sayur. Jika tidak dicuci, pestisida dapat masuk ke dalam tubuh, kemudian merusak sel tubuh dan mengganggu fungsi organ.

Baca Juga: Quran Surat Al Kafirun, Asbabun Nuzul, Arab, Latin, dan Terjemahnya

Akan tetapi, cara mencuci buah dan sayur masih menjadi pro dan kontra di masyarakat. Ada yang beranggapan bahwa buah dan sayur perlu dicuci menggunakan sabun agar bakteri dan pestisida benar-benar hilang, namun ada juga yang meyakini bahwa zat kimia pada sabun tidak baik bila terkena buah dan sayur.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X